Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP: Artis yang Jadi Bakal Caleg Harus Menjaga Karakter Partai Kami

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 09:42 WIB
pdip-artis-yang-jadi-bakal-caleg-harus-menjaga-karakter-partai-kami
Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono mengimbau kepada seluruh pesohor atau artis yang menjadi bakal caleg dari partai politik (parpol) berlambang kepala banteng moncong putih itu harus bisa menjaga karakter partainya. 

Menurut dia, PDIP itu amat lekat dengan sebutan partainya orang kecil atau wong cilik. Oleh sebab itu, karakter partai harus selalu dijaga terus oleh seluruh publik figur yang ingin terjun ke dunia politik. 

Baca Juga: Tanpa Artis, Tokoh dan Pengusaha, Partai Buruh Daftarkan 580 Caleg ke KPU

"Tentu harapannya yang disebut artis tadi dapat menyesuaikan dengan karakter masing-masing partai. Contohnya, PDIP ini semua mengenal sebagai partainya wong cilik," kata Nusyirwan dalam program Sapa Pagi Indonesia di Kompas TV, Selasa (16/5/2023).

Ia menilai, fenomena artis terjun ke dunia politik merupakan hal yang lumrah, karena mereka juga warga negara Indonesia yang memiliki hak untuk dipilih.

"Harapannya dia bisa merepresentasi dalam penugasan dalam lembaga-lembaga negara dengan menampilkan karakter partainya. Sehingga ini bisa memberikan sosialisasi yang baik," ujarnya. 

Ia menambahkan, pihaknya menggaet artis untuk menjadi bakal caleg bukan untuk mendongkrak suara partai, melainkan memang yang bersangkutan memiliki kapasitas untuk duduk di kursi parlemen.

"Sehingga sebetulnya tidak juga ini untuk mendongkrak suara. Tapi masing-masing (parpol) tentu mempunyai kapasitas untuk merebut suaranya sendiri. Itu yang seharusnya berfungsi menjadi representasi dari bagian artis tersebut," katanya. 


 

PDIP mengirimkan 14 daftar bakal caleg yang berprofesi sebagai seniman, antara lain Rano Karno, juga Krisdayanti. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut keduanya merupakan sosok yang selalu dekat dengan rakyat selama menjabat sebagai anggota dewan.

"Dia (Krisdayanti) sosok diva tetapi tetap turun ke bawah. Demikian pula, sosok seperti Rano Karno Si Doel Anak Betawi juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan kepada wong cilik," kata Hasto seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Ada juga nama Rieke Diah Pitaloka, Harvei Malaihollo, juga mantan presenter Junico Siahaan.

Selain 5 nama tersebut, PDIP juga mendaftarkan 9 nama artis bakal caleg lainnya untuk DPR RI di Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: PDIP Sulsel Daftarkan 85 Bacaleg Ke KPU Sulsel

Mereka adalah Once Mekel; Lita Zein; Marcell Siahaan; Taufik Hidayat Udjo; Denny Cagur; Tamara Geraldine; Sari Koeswoyo; Andre Hehanusa dan Lucky Perdana.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x