Kompas TV nasional rumah pemilu

AHY ketika Ditanya Siapa Artis yang Jadi Caleg Demokrat: Kita Bukan Hanya Cari yang Populer

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 17:49 WIB
ahy-ketika-ditanya-siapa-artis-yang-jadi-caleg-demokrat-kita-bukan-hanya-cari-yang-populer
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berbicara kepada media seusai menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) enggan menyebutkan nama-nama artis yang menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari partainya.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat resmi mendaftarkan 580 bakal caleg DPR RI periode 2024-2029 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (14/5/2023).

Saat ditanya soal nama-nama artis yang menjadi bakal caleg Partai Demokrat, AHY enggan menyebutkan.

Baca Juga: Daftarkan 580 Bakal Caleg ke KPU, Partai Demokrat Incar 84 Kursi DPR RI

“Kalau ditanya tentang siapa nama populer, yang jelas di depan nyaleg semua. Kalau ditanya artis, ya ada. Ada artis nasional, lokal. Yang jelas, saya nggak sebutkan sekarang,” kata AHY dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Minggu.

AHY menjelaskan, pihaknya tak hanya mencari nama yang sudah populer di kalangan masyarakat agar bakal caleg yang diusung Partai Demokrat beragam.

“Mudah-mudahan, bukan hanya mencari mereka yang populer, tapi kami juga mencari kombinasi yang baik,” ujar AHY.

Dia menambahkan, 580 nama bakal caleg yang didaftarkan Partai Demokrat ke KPU berasal dari latar belakang yang beragam. Tak terbatas dari kalangan politisi, tapi ada juga yang dari kalangan pengusaha hingga akademisi.

Baca Juga: Partai Demokrat Daftarkan 580 Bakal Caleg DPR, AHY: Mudah-mudahan Jadi Langkah Awal Perjuangan

“Ada politisi senior, pengalaman malang melintang sudah 3-4 menjadi anggota DPR RI. Ada juga newcomer (pendatang baru, red), ada yang masih muda. Ini menunjukkan Demokrat selalu ada proses regenerasi kaderisasi,” papar AHY.

“Latar belakangnya dari berbagai kalangan, jadi bukan hanya politik, tapi juga dunia usaha, akademik, purnawirawan, termasuk tokoh masyarakat yang kita harapkan dapat melebur di Partai Demokrat,” sambung dia.

Baca Juga: Menteri, Artis, hingga Ustaz Sambo Daftar Jadi Caleg di Pemilu 2024

Pemilu 2024 Bertabur Artis

Sejumlah nama artis diketahui bergabung dengan partai politik (parpol) dengan menjadi bakal caleg pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Mereka yang mendaftar sebagai bakal caleg yaitu Sunarji atau Narji dari PKS. Kemudian, dari Partai NasDem ada Reza Artamevia, Choky Sitohang, dan Anisa Bahar.

Aktor Rano Karno dan penyanyi Krisdayanti juga berebut kursi parlemen lewat PDIP. PDIP juga mendaftarkan Once Mekel, Lita Zein, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Andre Hehanusa, dan Lucky Perdana.

Kemudian, dari Partai Gerindra mendaftarkan musisi Ahmad Dhani, Melly Goeslaw, dan aktor Derry Drajat sebagai bakal caleg.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x