Kompas TV nasional rumah pemilu

Once Mekel hingga Denny Cagur Jadi Bakal Caleg PDIP pada Pemilu 2024

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 15:52 WIB
once-mekel-hingga-denny-cagur-jadi-bakal-caleg-pdip-pada-pemilu-2024
Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, penyanyi Once Mekel, komedian Denny Cagur hingga penyanyi Marcell Siahaan, akan menjadi bakal caleg dari PDI Perjuangan pada Pemilu 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan penyanyi Once Mekel, komedian Denny Cagur, hingga penyanyi Marcell Siahaan akan menjadi bakal calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP pada Pemilu 2024.

"PDI Perjuangan di dalam meningkatkan kualitas anggota dewan juga merekrut kalangan-kalangan akademisi ada sekitar 73 orang, dari TNI dan Polri purnawirawan ada 17 orang. Budayawan, seniman, dan artis 14 orang, dan caleg yang sebagian besar kader telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," kata Hasto di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023) dikutip dari Antara.

"Dari kalangan budayawan, seniman, dan artis, selain incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Nico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, mengingat Koes Plus spirit nasionalisme luar biasa, Lita Zen, Andre Hehanussa, Lucky Perdana, dan Roni Sianturi," tambahnya.

Baca Juga: Hasto Kristiyanto: 48 Persen Bakal Caleg DPR dari PDIP Berumur di Bawah 45 Tahun

Lebih lanjut, Hasto menyebut kalangan budayawan, seniman, dan artis itu terbukti memiliki kompetensi yang kuat untuk diusung pada Pemilu 2024.

"Krisdayanti, misalnya, beliau diva tetapi sangat rajin turun ke bawah (rakyat, red). Demikian pula sosok seperti Rano Karno si Doel anak Betawi itu juga menggelorakan suatu semangat keberpihakan terhadap wong cilik," ujarnya.

Hasto juga mengatakan 48 persen dari 580 bakal caleg DPR RI dari PDIP merupakan kader muda di bawah usia 45 tahun.

Para kader muda dari partainya itu, kata dia, akan tetap menjalani proses kaderisasi secara berjenjang guna memahami fungsi DPR sebelum mereka didaftarkan sebagai bakal caleg DPR RI.

"Mengingat partai juga melakukan kaderisasi secara sistematis, dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen, sebagai komitmen bagi PDI Perjuangan," kata Hasto.

"Tugas sebagai anggota dewan dipersiapkan untuk memahami fungsi legislasi, anggaran, pengawasan, fungsi representasi; sehingga tidak hanya orang muda yang dicalonkan, tetapi mereka yang memang telah dipersiapkan," sambungnya.

Baca Juga: Jawaban Surya Paloh Terkait Bakal Cawapres Anies, Lihat Pendamping Ganjar dan Prabowo Dahulu?


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x