Kompas TV nasional rumah pemilu

Tidak Diundang Jokowi dalam Pertemuan karena Sudah Punya Koalisi Sendiri, Nasdem: Rapopo

Kompas.tv - 6 Mei 2023, 07:30 WIB
tidak-diundang-jokowi-dalam-pertemuan-karena-sudah-punya-koalisi-sendiri-nasdem-rapopo
Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya di sela-sela Rakernas Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (17/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menanggapi dengan santai pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait tidak diundangnya Surya Paloh dalam pertemuan Ketua Umum partai koalisi pemerintah di Istana Merdeka, Selasa (2/5/2023) lalu.

Jokowi mengatakan NasDem tidak diundang karena sudah punya koalisi sendiri bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Ketiga partai tersebut tergabung dalam Koalisi Perubahan yang mencalonkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Terkait hal itu, Willy mengatakan partainya memang sudah jelas untuk mendukung Anies di Pilpres 2024. Meski NasDem tidak diundang Jokowi dalam pertemuan, ia mengaku partainya tidak kecewa.

"Kalau koalisi kita sudah punya koalisi. Memang Koalisi Perubahan untuk persatuan tiga partai, di capresnya kan itu sudah clear," ujarnya kepada Kompas TV, Kamis (4/5/2023).

"NasDem rapopo (tidak apa-apa)," imbuhnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan 6 Parpol Ngopi Bareng Bahas Pilpres 2024 Tanpa NasDem – ULASAN ISTANA

Seperti yang diketahui, Presiden Jokowi mengundang enam ketua umum (ketum) partai politik dalam pertemuan yang digelar di Istana Presiden, Selasa lalu.

Adapun keenam ketum parpol yang diundang adalah Ketum PDI Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Namun, Ketum Partai NasDem Surya Paloh tidak diundang. 

Jokowi beralasan, NasDem yang menjadi partai pendukungnya di pemerintahan saat ini sudah punya koalisi sendiri.

"Ya memang tidak diundang," kata Jokowi.

"NasDem itu ya, kita harus bicara apa adanya ya, kan sudah memiliki koalisi sendiri. Dan ini gabungan partai yang kemarin kumpul, itu kan juga ingin membangun kerja sama politik yang lain." 

"Mestinya ini kan memiliki strategi besarnya apa. Ya masa yang di sini tahu strateginya, kan semestinya tidak seperti itu," ujar Jokowi. 

Baca Juga: NasDem Akui Surya Paloh Tak Diundang Jokowi ke Pertemuan Ketum Parpol di Istana


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x