Kompas TV nasional humaniora

Pengamat Sebut Perbaikan Jalan di Lampung Tak Direncanakan: Lokasi Dipilih yang Dikunjungi Presiden

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 20:03 WIB
pengamat-sebut-perbaikan-jalan-di-lampung-tak-direncanakan-lokasi-dipilih-yang-dikunjungi-presiden
Jalan lintas di Rumbia, Lampung yang rusak parah. Kini dalam perbaikan per Rabu (3/5/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat Tata Kota Nirwono Yoga berpendapat bahwa perbaikan ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung bukan merupakan sesuatu yang direncanakan sejak awal.

Hal itu disampaikan Nirwono dalam dialog Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Jumat (5/5/2023), menanggapi pengerjaan jalan rusak di Provinsi Lampung, yang disebut oleh Gubernur Lampung Arinal Junaedi, bukan karena rencana kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, hal itu dapat dilihat langsung dari masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

“Yang kedua, kita melihat juga bahwa tanggung jawab dari jalan itu ada di Dinas Bina Marga Provinsi Lampung,” tuturnya.

“Kalau kita melihat dari situ, terlihat bahwa pembangunan atau perbaikan jalan itu hanya mengikuti kondisi yang ada sekarang, bukan karena perencanaan yang matang.”

Sebab, kata dia, jika pengerjaan jalan itu dilakukan dengan persiapan atau perencanaan yang matang, tidak mungkin pelaksanaannya hanya dalam hitungan hari.

“Kedua, lokasi yang dipilih kenapa lokasi itu, lokasi yang viral misalnya, dan rencana yang akan dikunjungi oleh Presiden, bukan lokasi lainnya.”

Baca Juga: Gubernur Lampung Tak Ikuti Mobil Jokowi yang Lintasi Jalan Terusan Ryacudu

“Dan ini terbukti tadi kan, begitu kita lihat tadi Pak Jokowi lewat lokasi jalan yang benar-benar bukan direncanakan dari awal, kondisi jalannya kan juga parah. Jadi, ini menunjukkan bahwa pemilihan lokasi maupun pekerjaan tadi dikerjakan karena ada “alasan khusus”, bukan karena direncanakan sejak awal,” urainya.

Dalam dialog itu, ia juga menjelaskan bahwa kerusakan jalan dapat disebabkan oleh dua faktor, yakni kualitas jalan dan spesifikasi kendaraan yang melintasi.

Ia menyebut ada klasifikasi dalam pembangunan jalan, yang didasarkan pada status jalan itu, apakah jalan kabupaten/kota, jalan provinsi, maupun jalan negara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x