Kompas TV nasional rumah pemilu

Apakah Pertemuan Cak Imin-AHY atas Sepengetahuan Gerindra? PKB: Silaturahmi Tidak Harus Laporan

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 19:10 WIB
apakah-pertemuan-cak-imin-ahy-atas-sepengetahuan-gerindra-pkb-silaturahmi-tidak-harus-laporan
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kanan) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (kiri) menyapa wartawan sebelum menggelar pertemuan bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023). (Sumber: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pertemuan antara Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY serta Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cikeas, Jawa Barat, Rabu (3/5/2023) malam, merupakan silaturahmi Lebaran.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Syaiful Huda dalam program Kompas Petang Kompas TV, Kamis (4/5/2023).

“Gini, ini kan suasana Lebaran, biasa silaturahmi Lebaran, tradisi kita,” tuturnya.

“Tadi malam adalah bagian dari tradisi menghidupkan lagi halalbihalal. Halalbihalal itu prinsipnya sebeda apa pun kita, tetap saling menghormati, ini perintah agama.”

Kedua, lanjut Huda, dalam pertemuan dua ketua umum partai politik, dapat dipastikan adanya pembicaraan politik.

Baca Juga: Pertemuan AHY dan Cak Imin, Keduanya Tak Menepis Soal Pembahasan Koalisi Jelang Pemilu 2024

Namun tentu saja, lanjut Huda, hal itu mesti ditempatkan pada konteks Partai Demokrat yang sudah bergabung dengan NasDem dan PKS dalam Koalisi Perubahan, serta PKB yang sudah membangun poros koalisi dengan Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

“Kalau soal goda-menggoda, ya biasalah, Lebaran itu biasanya saling menyapa dengan guyon, habis makan bersama.”

“Prinsipnya sekali lagi, kita bangun suasana kesehatan demokrasi 2024 dengan cara saling silaturahmi, saling menghargai, walaupun berbeda,” imbuhnya.

Saat ditanya apakah pertemuan antara Cak Imin dan AHY serta SBY tersebut sudah atas sepengetahuan Gerindra, ia menyebut tidak perlu laporan untuk bersilaturahmi.

Baca Juga: Usai Temui Aburizal Bakrie, Prabowo Jalin Silaturahmi Politik ke Jusuf Kalla

“Silaturahmi kan tidak harus laporan.”

Ia juga menegaskan kunjungan Cak Imin tersebut bukan atas arahan KIR, melainkan inisiatif Cak Imin sendiri.

“Tidak ada. Ini inisiatif dari Gus Imin sendiri untuk mendorong silaturahmi ini, karena kan kita pernah selama 10 tahun menjadi bagian dari pemerintahannya Pak SBY. Jadi, bagi Gus Imin ini romantisme bertemu dengan Pak SBY.”


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x