Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Penentuan Cawapres Anies, NasDem: Butuh Kesabaran, Presisi, dan Tak Bisa Asal-asalan

Kompas.tv - 1 Mei 2023, 19:48 WIB
soal-penentuan-cawapres-anies-nasdem-butuh-kesabaran-presisi-dan-tak-bisa-asal-asalan
Anies Baswedan saat ditetapkan menjadi bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem pada Senin (3/10/2022). NasDem menyebut penentuan bakal cawapres Anies butuh kesabaran dan tidak bisa asal-asalan. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koalisi Perubahan yang digawangi NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, masih terus menggodok sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya menyebut penentuan bakal cawapre Anies butuh kesabaran dan tidak bisa asal-asalan.

"(Penentuan bakal cawapres) benar-benar butuh kesabaran, presisi, tidak bisa asal-asalan, banyak variabel-variabel dalam hitungan-hitungan ini," kata Willy dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin (1/5/2023).

"Kesabaran itu kadang-kadang membuahkan hasil yang luar biasa, kita lihat saja rezeki anak soleh-nya, nanti kita kedapatan siapa."

Menurutnya, momentum politik juga menjadi salah satu hal yang paling penting dalam penentuan bakal cawapres.

Mengingat, setiap partai politik memiliki momentum tersendiri dalam memilih dan mengusung calon presiden (capres) maupun cawapres dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Ketua DPP NasDem: Jangan Tawarkan Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Tidak Etis

"Momentum bagaimana mendeklarasikan ini, sebagai sebuah pasangan calon. Kami tetap dalam frekuensi best of the best (terbaik dari yang terbaik)," jelasnya.

"Ketika mendeklarasikan Anies (sebagai bakal capres) itu adalah why not the best (mengapa tidak yang terbaik). Dan ini adalah duet tunggal yang akan menjadi best of the best dan sebangun sejalan dengan aspirasi publik."

Saat disinggung hasil survei Litbang Kompas terkait Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil yang menjadi dua tokoh potensial bakal cawapres untuk mendampingi Anies, Willy pun menyebut semua kemungkinan masih terbuka.

"Semua kemungkinan masih tetap terbuka, kami tetap melakukan penjajakan. Toh masih jauh cangkir ke bibir," tegasnya.

Seperti diketahui, survei Litbang Kompas membandingkan peluang dua tokoh politik yakni Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres Anies Baswedan.

Hasilnya, Sandiaga berpotensi mendampingi Anies dengan 14,9 persen, dan Ridwan Kamil 14,7 persen. Adapun survei tersebut dilakukan 25 Januari-4 Februari 2023.

Baca Juga: Kata NasDem, Demokrat dan PKS soal Wacana Pasangan Anies-Mahfud MD, Bakal Terwujud?


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x