Kompas TV nasional rumah pemilu

Peluang Mahfud MD Jadi Bakal Cawapres Disebut Masih Kecil, Ini 2 Faktor Penyebabnya

Kompas.tv - 29 April 2023, 06:05 WIB
peluang-mahfud-md-jadi-bakal-cawapres-disebut-masih-kecil-ini-2-faktor-penyebabnya
Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan dirinya sebagai Menpan RB ad interim, Senin (24/4/2023). (Sumber: Instagram/@mahfudmd)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Komunikasi Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad menyebut peluang Mahfud MD menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) masih kecil karena dua hal.

"Sampai saat ini, saya lihat peluang Mahfud masih kecil karena dua hal," kata Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) itu melalui keterangan tertulis kepada KOMPAS.TV, Rabu (26/4/2023).

Pertama, belum ada dukungan dari elite pimpinan partai politik (parpol) yang mengusung Mahfud MD sebagai sosok bakal cawapres.

"Dukungan dari elite-elite pimpinan parpol untuk menominasikan Mahfud sebagai sosok (bakal) cawapres pendamping Ganjar belum muncul," terangnya.

Kedua, data-data survei dari lembaga-lembaga kredibel juga mengindikasikan dukungan pemilih terhadap Mahfud sebagai sosok bakal cawapres juga masih sangat rendah.

"Jika isu penegakan hukum di masa depan dianggap isu yang paling krusial dan makin krusial di mata elite dan juga mayoritas pemilih Indonesia, maka peluang Mahfud makin besar," ungkapnya.

Baca Juga: Pakar Komunikasi Politik Sebut Tiket Bakal Cawapres Ganjar Bakal Jadi Rebutan Parpol, Terutama KIB

Akan tetapi, jelas Nyarwi, jika isu penegakan hukum kurang dipandang penting oleh para elite parpol dan masyarakat calon pemilih, maka peluang Mahfud untuk mendapatkan tiket bakal cawapres dan dinominasikan oleh partai-partai pendukung Presiden Jokowi akan makin kecil.

Ia juga menekankan bahwa dinamika elektoral masih terus berlangsung.

"Berbagai perubahan dukungan pemilih pada sosok (bakal) capres maupun (bakal) cawapres masih akan terus berlangsung dan bisa naik turun setiap saat," terangnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD membenarkan bahwa di tataran publik terdapat wacana yang membahas soal peluang dirinya akan diduetkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Meski begitu, Mahfud mengatakan pembahasan terkait dengan pengusungan bakal cawapres merupakan ranah dari partai politik, sehingga dirinya tidak ingin berkomentar terlalu jauh.

Baca Juga: Respon Mahfud MD Usai Diisukan Berpeluang Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Pada Selasa (25/4), Mahfud juga membenarkan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan berkunjung ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Namun, ia menekankan bahwa kunjungan tersebut hanya sekedar silaturahmi sekaligus dirinya diminta Prabowo untuk memberikan tausiah kepada kader Partai Gerindra, khususnya terkait dengan ideologi dan penegakan hukum.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x