Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Joko Widodo dan Keluarga Nyaris Makan Buah Mengandung Formalin di Labuan Bajo

Kompas.tv - 27 April 2023, 13:15 WIB
presiden-joko-widodo-dan-keluarga-nyaris-makan-buah-mengandung-formalin-di-labuan-bajo
Presiden Jokowi membeli kain tenun dan memborong produk UMKM untuk cucunya saat mengunjungi pameran UMKM lokal di Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (23/4/2023) (Sumber: Kompas TV/Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo dan keluarganya hampir menyantap buah yang terkontaminasi formalin saat berlibur di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (22/4/2023) kemarin.

Kontaminasi tersebut ketahuan usai Loka Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kabupaten Manggarai Barat mengecek makanan yang akan disajikan untuk Jokowi dan keluarganya tiga jam sebelum jadwal makan.

Petugas menggunakan rapid test kit dan melakukan pengecekan makanan yang hendak dihidangkan ke Kepala Negara dan keluarga. Hasilnya satu jenis buah terkontaminasi formalin.

Baca Juga: Ketum PAN: Jokowi Akan Undang Para Ketum Parpol untuk 'Ngopi' Bareng

"Kalau setara presiden ketika ada kandungan berbahaya,  ya untuk amannya tidak usah dihidangkan, begitu SOP-nya," jelas Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin, Rabu (26/4) dikutip dari Tribun Flores.

Andirusmin kemudian memberitahu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) terkait ada buah yang terkontaminasi formalin.

"Selanjutnya diserahkan ke Paspampres untuk mengambil tindakan, kami hanya lakukan pengujian sample," tandasnya.

Baca Juga: Sambangi Mahfud MD di Masa Lebaran, Prabowo: Saya Minta Beliau Kasih Tausiyah di Hambalang

Inspeksi besar-besaran

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Wakil Bupati Manggarai Barat Yulius Weng langsung melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah restoran di Labuan Bajo usai kejadian itu, Rabu (26/4).

Sidak dilakukan menjelang perhelatan KTT ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo pada 9-11 Mei mendatang.


 

Tim Loka POM Manggarai Barat mengambil beberapa sampel makanan dari restoran dan Yulianus memastikan akan mengambil sampel makanan di semua restoran di Labuan Bajo untuk diuji.

Baca Juga: Potret Presiden Jokowi Libur Lebaran 2023 Sekaligus Cek Kesiapan KTT Asean ke-42 di Labuan Bajo

"Kita mau pastikan bahwa makanan yang ada di Manggarai Barat ini terutama restoran bebas dari makanan dan minuman yang mengandung formalin," ucap Yulianus, dikutip dari Tribun Flores.

Wakil Bupati Manggarai Barat itu memastikan akan menindak tegas restoran yang menjual makanan mengandung zat berbahaya dan tidak mau ada restoran yang mengganggu kesiapan menjelang ASEAN Summit.



Sumber : Tribun Flores


BERITA LAINNYA



Close Ads x