Kompas TV nasional rumah pemilu

Pengamat Politik: 2024 Bukan Hanya Kompetisi Antarcapres tapi King Maker juga, Termasuk Jokowi

Kompas.tv - 26 April 2023, 20:33 WIB
pengamat-politik-2024-bukan-hanya-kompetisi-antarcapres-tapi-king-maker-juga-termasuk-jokowi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber: Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menyebut bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bukan hanya kompetisi antarcalon presiden (capres) namun juga king maker.

King maker yang dimaksud oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia ini ada tiga. 

Dua orang merupakan ketua umum partai politik (Parpol), yakni Surya Paloh Ketum Parpol Nasdem dan Megawati Soekarnoputri Ketum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara itu ada juga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bukan merupakan ketua umum parpol namun dinilai memiliki pengaruh yang kuat dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ia beralasan, Surya Paloh telah memunculkan nama Anies Baswedan sebagai capres.

Sedangkan Megawati merupakan ketua dari partai terbesar yang memiliki kapabilitas untuk mencapreskan kadernya sendiri, yakni Ganjar Pranowo.

Selain dua Ketum parpol itu, Presiden Jokowi juga dikategorikan sebagai king-maker karena berperan penting dan dekat dengan tujuh parpol pendukung pemerintah.

"Dan kalau kita lihat peran Pak Jokowi selama jelang 2024 memang sangat krusial perannya terutama dalam menentukan peta 2024," ungkapnya di Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (26/4/2023).

"Jadi bukan sekadar menjadi komandan koalisi dalam pengertian running di government, tapi juga sangat aktif untuk menentukan 2024," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat Politik Sebut Dukungan PPP ke Ganjar Pranowo Bukti Koalisi Indonesia Bersatu Rawan Goyah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x