Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Resmi Usung Ganjar Pranowo sebagai Bakal Calon Presiden di Pilpres 2024

Kompas.tv - 26 April 2023, 15:38 WIB
ppp-resmi-usung-ganjar-pranowo-sebagai-bakal-calon-presiden-di-pilpres-2024
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat proses perekaman video singkat untuk kanal Youtube pribadinya yaitu Ruang Ganjar, Rabu (19/5/2021). (Sumber: Humas Pemprov Jawa Tengah)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

SLEMAN, KOMPAS.TV - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan Bapak Haji Ganjar Pranowo S.H., M.I.P, sebagai bakal calon presiden Republik Indonesia pada pemilihan umum presiden Republik Indonesia tahun 2024 yang akan datang," kata Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono dalam acara Pengumuman Bakal Calon Presiden 2024 di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Rabu (26/4/2023).

Sebelumnya, pihak Majelis Pertimbangan PPP menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpeluang besar untuk diusung oleh PPP dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy mengatakan, keempat majelis partai telah mengevaluasi dua nama bakal calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan.

PPP melakukan evaluasi berdasarkan rekam jejak, kedekatan historis, dan hubungan emosional dengan keluarga besar PPP.

Setelah berbagai pertimbangan, nama Ganjar Pranowo yang diprioritaskan untuk diusung partai berlogo Kabah itu.

Baca Juga: PPP Umumkan Capres Pilihannya Hari Ini, Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan?

"Mas Ganjar memang memiliki peluang lebih tertaut ke PPP dari aspek-aspek di atas," ujar laki-laki yang akrab disapa Romy itu, Selasa (25/4/2023) dilansir dari Harian Kompas.

Menurutnya, Ganjar Pranowo dianggap memiliki peluang lebih besar untuk diusung oleh PPP karena latar belakang keluarganya yang berasal dari Nahdlatul Ulama (NU), salah satu organisasi masyarakat (ormas) pendiri PPP.

Selain itu, kata Romy, Ganjar juga memiliki hubungan dekat dengan keluarga yang pernah dan masih aktif di PPP.

Pada Senin (24/4) siang, PPP menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-5 usai open house di rumah Mardiono di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Usai bersilaturahmi dengan warga dalam acara open house tersebut, Mardiono bertemu dengan tokoh politik internal PPP dari pusat dan sejumlah daerah. 

Salah satu agenda yang dibahas dalam rapat tersebut ialah penentuan sosok calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung PPP pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Ini Alasan PPP Prioritaskan Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x