Kompas TV nasional humaniora

Puncak Arus Mudik 2023, PT KAI Masih Sediakan Layanan Vaksinasi di Stasiun

Kompas.tv - 25 April 2023, 16:06 WIB
puncak-arus-mudik-2023-pt-kai-masih-sediakan-layanan-vaksinasi-di-stasiun
Petugas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) sedang melakukan tes tekanan darah di pos kesehatan (poskes) Stasiun Gambir pada Selasa (25/4/2023). (Sumber: ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puncak arus mudik 2023, PT KAI masih menyediakan layanan vaksinasi dan pos kesehatan untuk pemilir dan juga penumpang yang hendak berpergian menggunakan kereta. 

Asisten Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Tohari mengatakan meski vaksin sudah tidak menjadi syarat wajib perjalanan jarak jauh, penumpang masih bisa mendapatkan layanan vaksin di beberapa stasiun dimulai pukul 08.00-12.00 WIB.

"KAI masih menyediakan bagi masyarakat, baik pemudik maupun penumpang yang ingin melakukan vaksinasi di Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan stasiun lainnya mulai pukul 08.00-12.00 WIB," kata Asisten Manajer Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Tohari saat ditemui di Stasiun Gambir Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2023) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Imbau Pemudik Kembali Setelah 26 April 2023

Terhitung mulai hari ini, ada satu vial vaksin yang tersedia di Stasiun Gambir dan berdasarkan laporan petugas poskes, jatah vaksin di Stasiun Gambir sudah habis. Namun jumlah vaksin yang disediakan memang lebih sedikit daripada Stasiun Pasar Senen, mengingat volume penumpang lebih banyak di stasiun tersebut.

"Seluruh petugas kesehatan akan membantu melakukan pertolongan pertama apabila penumpang mengeluhkan sakit, juga ada obat yang disediakan untuk sekali minum untuk meringankan," kata Tohari.

Dia menambahkan, apabila memang penumpang mengalami sakit parah, akan langsung dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) maupun Rumah Sakit terdekat.

Adapun rujukan akan ditujukan pada rumah sakit maupun faskes yang sudah bekerjasama dengan PT Jasa Raharja.


 

Selain itu, poskes KAI juga menyediakan layanan skrining kesehatan, yakni cek tekanan darah untuk penumpang secara gratis.

Selama arus balik dan mudik, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang, seluruh petugas di dalam kereta api juga wajib menjalani tes kesehatan secara berkala di stasiun sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Arus Mudik 2023, Masyarakat Diminta Menjaga Imunitas Tubuh, Tetap Bermasker



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x