Kompas TV nasional peristiwa

Anggota TNI yang Tewas akibat Diserang KKB Bertambah Jadi 5, Panglima TNI Ucap Belasungkawa

Kompas.tv - 23 April 2023, 13:22 WIB
anggota-tni-yang-tewas-akibat-diserang-kkb-bertambah-jadi-5-panglima-tni-ucap-belasungkawa
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pimpin upacara kedatangan tiga jenazah korban penyerangan kelompok sparatis teroris (KST) di Nduga Papua, Kamis (20/4/2023). (Sumber: Puspen TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jumlah anggota TNI yang tewas akibat diserang Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Mugi-man, Nduga, Papua, pada Sabtu (15/4/2023) lalu bertambah jadi lima orang.

Adalah Prajurit TNI berinisial Pratu F yang diketahui menjadi korban kelima penyerangan KKB di Mugi-man. Pratu F merupakan salah satu personel yang berasal dari Satgas Yonif R321/GT.

Baca Juga: Soal Siaga Tempur TNI di Papua, Pengamat: Pasukan Jangan Ragu Lepas Tembakan jika Ada Serangan KKB

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya Prajurit TNI atas nama Pratu F.

"Jenazah Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KKB," kata Yudo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (23/4/2023).

Jenazah almarhum Pratu F langsung dievakuasi ke Timika untuk kemudian dibawa ke RSUD setempat guna pemulasaraan jenazah. 

Selanjutnya, jenazah almarhum Pratu F akan dipulangkan ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah.

"Rencana besok, Senin (24/4/2023), jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Magelang," ucap Yudo.

Baca Juga: Detik-Detik TNI Diserang KKB saat Hendak Bebaskan Pilot Susi Air, Pasukan Diadang dan Ditembaki

Praru F gugur saat menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak Februari 2023.

"Almarhum gugur sebagai Kusuma Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima semua amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya," ujar Yudo.


 

Sebelumnya, empat prajurit TNI dinyatakan gugur dalam operasi tersebut. Adapun keempat prajurit yang gugur itu adalah Pratu Miftahul Arifin, Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan, dan Prada Sukra.

Mereka tergabung dalam 36 prajurit yang bertugas menyisir wilayah Mugi-man, Nduga, Papua. Keempat jenazah prajurit yang gugur itu telah dievakuasi ke Timika pada Rabu (19/4) malam dan telah diserahkan kepada pihak keluarganya masing-masing.

Usai insiden itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengumumkan siaga tempur di beberapa daerah di Papua yang dinilai rawan teror dan serangan KKB.

Baca Juga: Panglima TNI Tegaskan Tak Ada Penambahan Prajurit dan Alutsista di Papua Usai Serangan KKB



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x