Kompas TV nasional hukum

Detik-Detik TNI Diserang KKB saat Hendak Bebaskan Pilot Susi Air, Pasukan Diadang dan Ditembaki

Kompas.tv - 19 April 2023, 05:35 WIB
detik-detik-tni-diserang-kkb-saat-hendak-bebaskan-pilot-susi-air-pasukan-diadang-dan-ditembaki
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (dua kanan) tiba di Papua, Senin (17/4/2023), untuk memimpin evaluasi operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. (Sumber: ANTARA/HO-Pusat Penerangan TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

PAPUA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan peristiwa detik-detik tim gabungan TNI diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB saat hendak membebaskan pilot Susi Air Phillip Mehrtens yang tengah disandera.

Panglima TNI menyampaikan ada 36 prajurit TNI yang ditugaskan untuk melakukan pencarian dan pembebasan terhadap pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru itu.

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Margono Tegaskan Siaga Tempur Hadapi KKB Papua: Kalau Humanis, Habis Kita

Awalnya, puluhan prajurit TNI itu menerima informasi keberadaan pilot Susi Air Phillip Mehrtens di kawasan Mugi-Man, Kabupaten Nduga, Papua.

Setelah menerima informasi itu, kata Panglima, para prajurit TNI tersebut melakukan penyisiran sembari mendekat ke lokasi korban penyanderaan.

Namun, belum sampai lokasi penyanderaan pilot Susi Air, pasukan TNI diadang oleh KKB. Tak berselang lama, penyerangan oleh KKB meletus. Pasukan TNI ditembaki oleh KKB.

Padahal, Panglima berharap ada komunikasi atau koordinasi dengan pihak KKB untuk bisa menyerahkan pilot Susi Air tanpa ada kekerasan. Tapi, yang terjadi justru sebaliknya yakni penyerangan.

“Kemarin, pasukan kami menerima informasi keberadaan pilot di sana, yang mana harapan kami bisa ada komunikasi, koordinasi supaya diserahkan, mungkin tidak perlu kekerasan,” kata Yudo di Lanud Yohanis Kapiyau, Timika, Papua, pada Selasa (18/4/2023). 

Baca Juga: Gandeng TNI, Kapolri Bentuk Satgas Khusus Amankan Jalur Rawan Begal pada Mudik Lebaran 2023

“Harapan kami seperti itu, tetapi ternyata belum sampai sana di jalan sudah diadang, ditembaki.”

Yudo melanjutkan, baku tembak antara KKB dan TNI tak terhindarkan. Akibatnya, satu prajurit TNI bernama Pratu Miftahul Arifin gugur setelah jatuh ke jurang dengan kedalaman 15 meter. 

Selain itu, tiga prajurit TNI lainnya terkena luka tembak, satu luka karena terjatuh. Tak hanya itu, empat prajurit TNI dilaporkan belum diketahui keberadaannya alias hilang hingga kini.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x