Kompas TV nasional humaniora

Ingin Wisata ke Pantai? Hati-hati Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jabar-DIY

Kompas.tv - 23 April 2023, 12:47 WIB
ingin-wisata-ke-pantai-hati-hati-gelombang-tinggi-di-perairan-selatan-jabar-diy
Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

CILACAP, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan bahwa imbauan tersebut juga berlaku bagi masyarakat yang ingin berwisata di pantai selatan Jabar-DIY.

"Oleh karena itu, bagi masyarakat yang memanfaatkan momentum libur Lebaran dengan berwisata di pantai selatan Jabar-DIY diimbau untuk waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi," kata Tunggul, Minggu (23/4/2023), dikutip dari Antara.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Jakarta untuk Libur Lebaran 2023, Ada yang Tiketnya Bisa Dibeli secara Online

Bagi masyarakat yang berlibur ke pantai, diharapkan untuk tidak berenang atau bermain air di pantai, khususnya di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Pasalnya, gelombang tinggi bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga masyarakat harus waspada dan tidak boleh lengah.

BMKG memprakirakan gelombang tinggi yang terjadi pada Minggu hingga Senin (24/4) di perairan selatan Jabar-DIY mencapai 2,5 sampai 4 meter.

Potensi gelombang tinggi tersebut terjadi karena dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan 5-25 knot.


 

Saat ini, wilayah perairan selatan Jabar-DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar-DIY telah memasuki musim angin timuran.

Baca Juga: BMKG Catat Lima Gempa Susulan Guncang Mentawai, Agam, hingga Nias Selatan, Berikut Rinciannya

Adapun wilayah yang berpotensi terjadi gelombang tinggi meliputi perairan selatan Sukabumi-Cianjur, perairan selatan Garut-Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen-Purworejo.

Kemudian, perairan selatan Yogyakarta serta Samudra Hindia selatan Jabar, Samudra Hindia selatan Jateng, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta.

Soal cuaca, Tunggul mengatakan bahwa wilayah Jateng bagian selatan maupun pegunungan pada Minggu cenderung cerah berawan hingga berawan. Masyarakat tak perlu khawatir akan adanya hujan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x