Kompas TV nasional hukum

Densus 88 Tangkap 6 Terduga Teroris di Lampung, 2 Tewas Ditembak: Terafiliasi Jamaah Islamiyah

Kompas.tv - 13 April 2023, 11:52 WIB
densus-88-tangkap-6-terduga-teroris-di-lampung-2-tewas-ditembak-terafiliasi-jamaah-islamiyah
Ilustrasi petugas Densus 88 Antiteror Polri. Mereka menangkap enam terduga teroris di kawasan hutan Register 22 Way Wawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Rabu (12/4/2023). Dalam penangkapan itu 2 terduga teroris tewas saat baku tembak. (Sumber: KOMPAS.com /ANDREAS LUKAS ALTOBELI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap enam terduga teroris di kawasan hutan Register 22 Way Wawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Rabu (12/4/2023). Dalam penangkapan itu 2 terduga teroris tewas saat baku tembak.  

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabag Banops) Densus 88 Antiteror Kombes Aswin Siregar menjelaskan dalam baku tembak itu, empat orang terduga teroris diamankan.

"Empat orang ditangkap, diperiksa Petugas Densus 88," kata Kombes Aswin, Kamis (13/4/2023) diikuti dari Breaking News Kompas TV.

"Selain di Mesuji lampung, penangkapan di Kabupaten Piringsewu tadi malam (12/4). Bersama dengan mereka, jadi total 6," tambahnya. 

Baca Juga: Densus 88 Tembak Terduga Pelaku Teror di Hutan Lampung, 1 Orang Dikabarkan Tewas


 

Terduga teroris Lampung terafiliasi JI 

Kombes Aswin juga menjelaskan, terduga teroris yang ditangkap dalam operasi senyap Densus 88 terafiliasi dengan Jaringan teror Jamaah Islamiyah (JI). 

"JI terafiliasi dengan Zulkarnain," jelasnya. 

Kombes Aswin lantas menjelaskan sejumlah barang bukti yang disita oleh pihak kepolisian. 

Usai baku tembak dan penangkapan teroris, polisi mengamankan barang bukti yang disebutnya cukup banyak. Mulai dari senjata tajam sampai senjata rakitan dengan kaliber besar.

"Barang bukti disita, namun di antaranya barang bukti tersebut, adanya senjata rakitan kaliber besar 9 mm," jelasnya. 

Sementar itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menjelaskan soal penangkapan terduga teroris di Lampung itu. 

Ia menegaskan, terduga teroris yang ditangkap di Lampung tersebut sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) di kepolisian.  

"Pelaku ini bagian dari JI, dan DPO sejak 2020 dan 2015, DPO karena melindungi figur JI di Lampung," tambah Brigjen Ahmad Ramadhan. 

Ramadhan lantas menyebut sejumlah nama terkait jaringan ini, salah satunya terkait dengan JI Zulkarnain yang terkait Bom Bali I. 

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 4 WNA Uzbekistan, 3 Diduga Berafiliasi Jaringan Teroris Internasional

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x