Kompas TV nasional hukum

Banding Ferdy Sambo Cs Ditolak, Pengacara Keluarga Brigadir J: Ini Sesuai Harapan Kami

Kompas.tv - 12 April 2023, 22:03 WIB
banding-ferdy-sambo-cs-ditolak-pengacara-keluarga-brigadir-j-ini-sesuai-harapan-kami
Suasana sidang pembacaan putusan banding terdakwa Ferdy Sambo di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (12/4/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV/Nadia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sesuai harapan keluarga korban, memori banding empat terdakwa kasus pembunuhan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta ditolak, Rabu (12/4/2023).

Pengacara keluarga Brigadir J, Martin Simanjuntak, menyebut putusan banding majelis hakim PT DKI Jakarta itu sesuai harapan kliennya.

"Harapan keluarga adalah, putusan yang sudah diputus di dalam PN Jaksel itu bisa dikuatkan," kata Martin di program Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Rabu (12/4/2023).

"Ini (putusan banding -red) sesuai harapan keluarga," imbuhnya.

Sebelumnya, majelis hakim PT DKI Jakarta menolak memori banding empat terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, yakni Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf pada Rabu (12/4/2023).

Majelis hakim di PT DKI Jakarta menilai putusan majelis hakim di pengadilan sebelumnya, yaitu Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan sudah tepat.

Baca Juga: Empat Putusan Hakim atas Permohonan Banding Ferdy Sambo di Kasus Pembunuhan Brigadir J

Majelis hakim PT DKI Jakarta juga menilai ketetapan majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan sudah memenuhi unsur-unsur Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), sehingga vonis tersebut tetap harus dipertahankan dan dikuatkan.

Majelis hakim pun mengabulkan memori banding dari pembanding jaksa penuntut umum dan menyampingkan memori banding dari pihak terdakwa. Oleh karenanya, mereka memutuskan untuk menguatkan vonis dari pengadilan sebelumya terhadap para terdakwa.

Menurut majelis hakim, kasus pembunuhan Brigadir J ini telah membuka aib atau kerusakan di tubuh lembaga penegak hukum, yakni Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Baca Juga: Putusan Banding Putri Candrawathi: Hakim Kuatkan Hukuman 20 Tahun Penjara



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.