Kompas TV nasional humaniora

Wapres Perintahkan Buka Semua Jalan yang Siap untuk Mudik, Ini Sejumlah Ruas Tol yang Beroperasi

Kompas.tv - 11 April 2023, 15:11 WIB
wapres-perintahkan-buka-semua-jalan-yang-siap-untuk-mudik-ini-sejumlah-ruas-tol-yang-beroperasi
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin saat menghadiri Haul Almaghfurlah K.H. Tubagus Muhammad Falak Abbas ke-51 di Pondok Pesantren Al-Falak Pagentongan, Jl. Pagentongan RT 01 RW 06, Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (07/01/2023). (Sumber: Setwapres (wapresri.go.id))
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin memerintahkan untuk membuka seluruh ruas jalan yang sudah kelar pembangunannya dan bisa digunakan untuk akses mudik, tanpa harus menunggu peresmian.

Ma’ruf menyatakan, pemerintah sudah mengantisipasi lonjakan pemudik tahun 2023 sejak jauh hari, salah satunya, pemerintah akan membuka sejumlah ruas jalan tol secara fungsional meski belum diresmikan.

"Jalan-jalan yang sudah dibuat yang sudah siap, tidak usah menunggu adanya upacara peresmian, buka semua untuk (mudik)," kata Ma'ruf di Banjarmasin, Selasa (11/4/2023), dikutip Kompas.com.

Selain menginstruksikan untuk membuka semua jalan yang sudah siap, Ma'ruf juga menyebut bahwa pemerintah telah menyiapkan aturan agar pemudik tidak berlama-lama berada di tempat peristirahatan atau rest area.

Baca Juga: Demi Kelancaran Arus Mudik, Wapres: Jalan yang Sudah Siap Segera Dibuka, Tak Usah Tunggu Peresmian

Sebab, ramainya rest area kerap kali menyebabkan kemacetan di jalan tol.

Tak hanya itu, pemerintah menurut Ma’ruf, juga memantau situasi dari udara sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

"Itu sudah disiapkan antisipasinya dan memang petugasnya juga sudah (ada) kemudian sistem di daerah sudah dilakukan," kata Ma'ruf.

Menjelang musim mudik Lebaran 2023, sejulah ruas jalan tol akan difungsionalkan untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas (lalin),  baik di Pulau Jawa maupun Sumatera.

"Dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2023, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.624 kilometer," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya.

Sementara itu, sepanjang 47.602 kilometer jaringan jalan nasional telah siap, dengan tingkat kemantapan 91,8 persen.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x