Kompas TV nasional peristiwa

Anas Urbaningrum akan Bebas dari Lapas Sukamiskin Besok, Kalapas Ungkap Prosesnya

Kompas.tv - 10 April 2023, 11:52 WIB
anas-urbaningrum-akan-bebas-dari-lapas-sukamiskin-besok-kalapas-ungkap-prosesnya
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum membacakan nota pembelaannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (18/9/2014). (Sumber: TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

BANDUNG, KOMPAS.TV - Anas Urbaningrum, terpidana kasus korupsi dan pencucian uang proyek Hambalang, akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin besok, Selasa (11/4/2023).

Sedianya, Anas akan bebas pada hari ini, Senin (10/4/2023) namun pembebasannya ditunda dan diundur satu hari menjadi 11 April 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Kalapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri menerangkan, Anas Urbaningrum direncanakan bebas setelah mendapat cuti menjelang bebas (CMB). 

Menurut Kunrat, pada Jumat (7/4) pihaknya masih menyiapkan dokumen yang diperlukan sebelum status CMB diberikan kepada Anas Urbaningrum.

"Jadwal Pak AU (Anas Urbaningrum) keluar Lapas itu tanggal 11 (April 2023) nanti. Kami menyiapkan berkas dan dokumen, kan harus selesai, kami cek supaya jangan sampai ada yang salah atau kurang," terangnya, Jumat (7/4) dilansir dari Kompas.com

Ia pun menyebut Anas meminta agar pembebasannya dilakukan setelah waktu Ashar atau sekitar pukul 15.00 WIB.

"Nanti Pak AU pagi-pagi ke bapas dulu, lapor. Setelah itu kembali ke Lapas. Beliau minta pembebasannya setelah Ashar," katanya.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Punya Agenda Khusus dengan SBY Setelah Keluar dari Tahanan

Di sisi lain, pendukung yang diwakili Koordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad, mengatakan pihaknya akan menggelar acara buka puasa bersama.

Rahmad mengatakan, nantinya Anas akan berpidato di depan pendukungnya.

"Pidato tunggal saja, tidak ada acara khusus yang lain. Setelah itu kami akan bergeser untuk persiapan buka bersama dan salat Tarawih," ujar Rahmad. 

Ia pun menjelaskan, isi pidato yang akan disampaikan Anas Urbaningrum akan bercerita soal pengalaman selama berada di Lapas Sukamiskin dan terkait kondisi terkini. 

"Mas Anas kan sudah 10 kali lebaran di sini, Mas Anas rindu kepada sahabatnya dan sebaliknya," ucap Rahmad. 

Baca Juga: Pembebasan Anas Urbaningrum dari Lapas Sukamiskin Ditunda, Ada Apa?

"Kesempatan untuk bertemu ini akan dimanfaatkan untuk bertegur sapa dengan sahabatnya dari luar daerah," ucapnya. Rahmad meyakini, dalam pidatonya, Anas Urbaningrum tidak akan membahas terlalu dalam soal situasi politik saat ini.

"Tetapi mungkin Mas Anas akan menyampaikan pesan khusus kepada para pendukungnya untuk bekal 2024," katanya. 

Dia melanjutkan, rombongan kemudian akan bergerak menuju kediaman orangtua Anas Urbaningrum di Blitar, Jawa Timur, untuk melakukan sungkem.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x