Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Belum Putuskan soal Capres dan Koalisi, Wasekjen: Situasinya Masih Dinamis

Kompas.tv - 6 April 2023, 20:59 WIB
pdip-belum-putuskan-soal-capres-dan-koalisi-wasekjen-situasinya-masih-dinamis
 Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Arief Wibowo dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Kamis (6/4/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Arief Wibowo menyebut hingga kini partainya belum memutuskan sosok yang akan diusung sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. 

PDIP, kata dia, juga belum menentukan sikap akan membangun atau justru bergabung dengan koalisi yang sudah ada.

"Soal kalau kami mengistilahkan kerja sama politik antara partai-partai dalam rangka Pemilu 2024 khususnya terkait capres-cawapres, memang belum ada arahan dari Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) secara khusus," kata Arief dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Kamis (6/4/2023). 

"Dan belum ada yang disampaikan pada Dewan Pimpinan Pusat partai tentang koalisi dengan partai-partai mana yang akan dibangun."

Namun Arief menegaskan PDIP membangun komunikasi dengan partai lain. 

Terkait kemungkinan apakah partainya akan bergabung dengan sebuah koalisi besar, Arief sekali lagi menyebut hal itu belum diputuskan Megawati. 

"Prinsipnya PDIP membangun komunikasi dengan semua partai, apakah nanti ujungnya akan terjadi kerja sama dalam koalisi besar yang sekarang menjadi pembicaraan publik, atau apakah ada kerja sama dengan partai-partai secara terbatas, itu ketum belum memutuskan," jelasnya.

"Jadi saya kira ke depan memang situasinya masih dinamis."

Baca Juga: Tantangan Koalisi Besar: Setiap Ketum Parpol Punya Suara Tentukan Capres-Cawapres

Dia pun meyakini Megawati akan segera memutuskan siapa yang akan diusung PDIP sebagai capres untuk Pemilu 2024. 

"Itu akan disampaikan kepada publik. Juga berkaitan dengan kerja sama partai mana saja yang akan bersama dengan PDIP," tegasnya.

Belakangan ini menguat wacana koalisi besar yang meleburkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x