Kompas TV nasional politik

ICW Pertanyakan Penerbangan Ketua KPU ke Yogyakarta yang Dibiayai Ketua Parpol

Kompas.tv - 4 April 2023, 15:14 WIB
icw-pertanyakan-penerbangan-ketua-kpu-ke-yogyakarta-yang-dibiayai-ketua-parpol
Ketua KPU RI Hasyim Asyari saat jumpa pers menanggapi putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) terkait gugatan Partai Prima, Kamis (2/3/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Biaya penerbangan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari pada 18 Agustus 2022 dari Jakarta ke Yogyakarta menjadi pertanyaan Indonesia Corruption Watch (ICW).

Penerbangan Hasyim Asy'ari pada 18 Agustus 2022 tersebut dibiayai oleh Ketua Umum Partai Republik Satu, Hasnaeni atau yang akrab dijuluki Wanita Emas.

Fakta ini terungkap dalam sidang pembacaan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) perkara 35-PKE-DKPP/II/2023 dan 39-PKE-DKPP/II/2023 yang melibatkan Hasyim dan Hasnaeni, Senin (3/4/2023).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (4/4/2023), mempertanyakan apakah pembelian tiket itu berhubugan dengan jabatan Hasyim sebagai Ketua KPU.

"Penting untuk dijelaskan lebih lanjut, apakah pemesanan dan pembelian tiket tersebut berhubungan dengan jabatan Hasyim sebagai Ketua KPU RI?" ujarnya.

Baca Juga: Dijatuhkan Sanksi Peringatan Keras Terakhir Gara-gara Wanita Emas, Ketua KPU: Saya Enggak Komentar

"Jika iya, maka pemberian itu berpotensi dianggap sebagai gratifikasi dan Hasyim punya tanggung jawab hukum untuk melaporkannya kepada KPK dalam jangka waktu 30 hari," jelasnya.

Dalam sidang pembacaan putusan itu, juga disebutkan bahwa Hasyim dan Hasnaeni ke Yogyakarta bertujuan untuk ziarah, atau dengan kata lain keperluan pribadi.

Mereka pun tidak hanya berdua, tetapi juga ditemani oleh beberapa orang lain, yaitu Ihsan Primanegara yang kini menjadi kuasa hukum Hasnaeni, lalu Badaruddin dan Salmawati.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x