Kompas TV nasional peristiwa

Peserta Mudik Gratis Melebihi Kuota, Dinas Perhubungan DKI Jakarta Upayakan Penambahan

Kompas.tv - 4 April 2023, 06:10 WIB
peserta-mudik-gratis-melebihi-kuota-dinas-perhubungan-dki-jakarta-upayakan-penambahan
Warga Jakarta bersiap mudik dalam program mudik gratis dari Dishub DKI Jakarta. (Sumber: Humas Pemprov DKI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat sebanyak 28.000 orang telah mendaftar progam mudik gratis. Angka ini sudah melebihi kuota yang disediakan yaitu 19.280.

Dikutip dari Kompas.id, untuk arus balik, Dishub DKI Jakarta menyiapkan kuota 8.160 penumpang dan sudah ada 11.400 pendaftar.

"Artinya, dari target 19.280 yang sekarang masuk itu sudah 28.000 orang. Ada kelebihan," kata Syafrin dikutip dari Kompas.id, Senin (3/4).

"Ada 600-an pendaftar itu sudah daftar di Kementerian Perhubungan, tapi terdaftar juga di Jasa Raharja. Ini yang kemudian kami sinkronisasikan dengan penyelenggara mudik gratis agar tidak ada data ganda. Data itu akhirnya diakomodasi di Kemenhub juga di Jasa Raharja, kami hapus yang data ganda di kami," lanjutnya.

Ia juga mengatakan untuk jumlah pendaftar yang berlebih di mudik gratis itu, Dishub DKI Jakarta tengah berupaya untuk memfasilitasi dengan mengikutkan mereka ke mudik gratis di Kementerian Perhubungan atau di Jasa Raharja.

Baca Juga: Polres Bogor Buka Program Mudik Gratis Lebaran 2023, Simak Syarat dan Rute Perjalanannya

Namun, Dishub DKI Jakarta juga mengupayakan hal lain, yaitu mengomunikasikan dengan operator pemenang penyedia bus untuk program mudik dan balik gratis untuk meningkatkan kapasitas bus yang akan mengangkut para pemudik.

Dijelaskan Syafrin, peningkatan kapasitas bus itu maksudnya adalah mengecek kembali kapasitas bus. 

"Misalnya, untuk jumlah penumpang 45, kami cek lagi bisa tidak jadi 50 penumpang (per bus)? Ini yang terus kami upayakan karena kapasitas maksimum bus itu 55 penumpang. Ini yang sedang kami cek spesifikasi teknisnya tanpa harus melanggar hal-hal yang sudah diatur dalam kerangka acuan," kata Syafrin.

Selain menyiapkan pemudik peserta program mudik dan balik gratis, Dishub DKI Jakarta juga memastikan kesiapan angkutan armada untuk mudik dan balik reguler. 

Baca Juga: TASPEN Gelar Bazar Sembako Murah dan Mudik Gratis Tahun 2023


 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x