Kompas TV nasional politik

Mahfud MD: Di Partai Apapun Ada Orang Baik, tapi Juga Ada Koruptornya

Kompas.tv - 3 April 2023, 10:49 WIB
mahfud-md-di-partai-apapun-ada-orang-baik-tapi-juga-ada-koruptornya
Menko Polhukam Mahfud MD menjelaskan, setiap partai politik tak hanya memiliki orang baik, namun juga koruptor, Minggu (2/4/2023) saat menyampaikan ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Masjid Kampus UGM/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD menyebut, setiap partai politik (parpol) tak hanya terdiri dari orang-orang baik, tetapi juga koruptor.

"Di partai apapun ada orang baiknya, tapi di partai apapun juga ada koruptornya," kata Mahfud MD saat menyampaikan ceramah di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Minggu (2/4/2023) malam yang dipantau dari siaran Youtube.

Oleh karena itu, kata Mahfud, parpol harus diperbaiki bersama-sama. Sebab, parpol adalah instrumen konstitusi untuk menjaga negara Indonesia yang menganut sistem pemerintahan demokrasi.

"Oleh sebab itu partai politik harus diperbaiki tata kelola dan proses rekrutmen politisinya," ucapnya.

Di dalam ceramah yang bertema "Pemugaran Partai Politik sebagai Instrumen Kaderisasi Kepemimpinan" itu, Mahfud juga menerangkan salah satu fungsi parpol ialah rekrutmen kepemimpinan bangsa.

Maka dari itu, lanjut dia, partai politik itu harus ada, tetapi harus bersaing untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat yang benar.

"Jadi partai politik itu bukan untuk saling meniadakan, saling membunuh," kata Guru Besar Ilmu Hukum itu.

Baca Juga: Mahfud MD Soroti Komentar Netizen yang Minta DPR dan Parpol Dibubarkan: Lebih Baik Punya Meski Jelek

Kemenangann suatu partai dalam pemilihan umum, menurut Mahfud, harus diterima sebagai produk persaingan yang adil dalam bernegara.



Sumber : Kompas TV/Youtube Masjid Kampus UGM


BERITA LAINNYA



Close Ads x