Kompas TV nasional hukum

Telantarkan Ratusan Jemaah, Begini Tipu Daya Travel Umrah Naila Jerat Korban: Tiket Gratis-Cashback

Kompas.tv - 29 Maret 2023, 14:48 WIB
telantarkan-ratusan-jemaah-begini-tipu-daya-travel-umrah-naila-jerat-korban-tiket-gratis-cashback
Ilustrasi umrah. Polda Metro Jaya mengungkap tipu daya agen travel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri dalam menjerat ratusan korbannya. (Sumber: Dokumen Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya mengungkap tipu daya agen travel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri dalam menjerat ratusan korbannya.

Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Ratna Quratul Aini, menyebut modus penipuan travel umrah tersebut adalah dengan iming-iming program tertentu.

Yakni mulai dari wisata religi, tarif umrah murah, pemberian biaya gratis untuk  satu jemaah yang bisa mengajak sembilan orang hingga cashback.

"Jadi pakai iming-iming cashback Rp 2 juta untuk mereka yang mampu mengajak 9 jemaah dan dia juga dapat gratis satu perjalanan umrah," kata Ratna dalam keterangannya, Rabu (29/3/2023), dikutip dari Kompas.com.

 "Ya dengan iming-iming itu, jemaah merasa lebih tertarik dengan harga yang lebih murah, cashback dan gratis satu peserta," sambungnya.

Sementara itu berdasarkan penyelidikan polisi, dana umrah para jemaah digelapkan pemilik agen travel umrah tersebut yang kemudian diputar menjadi aset.

"Dana (jemaah umrah) lari ke rekening pelaku, lalu dibelikan tanah, ruko, rumah dan kendaraan," jelasnya. 

Menurut penjelasan Ratna, korban penipuan agen travel umrah Naila telah mencapai lebih dari 500 orang, dengan kerugian mencapai Rp91 miliar.

"Ini akan dikembangkan karena masih banyak yang laporan yang di Mekkah sudah kembali ke indonesia. Saat ini kami fokus ke calon jemaah yang enggak berangkat," ucapnya. 

Baca Juga: Polisi Sebut Travel Umrah Naila yang Telantarkan Jemaah Punya 300 Cabang di Seluruh Indonesia

Atas kejadian ini, Ratna mengimbau kepada masyarakat yang merasa menjadi korban penipuan travel umrah bisa melapor ke kantor polisi terdekat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x