Kompas TV nasional kriminal

Kondisi Terbaru Pilot Susi Air yang Disandera KKB Disebut sedang Sakit, Polisi: Punya Riwayat Asma

Kompas.tv - 23 Maret 2023, 05:00 WIB
kondisi-terbaru-pilot-susi-air-yang-disandera-kkb-disebut-sedang-sakit-polisi-punya-riwayat-asma
Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Panelewen mengungkapkan kondisi terbaru pilot Susi Air yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Papua, Kapten Philip Mark Merthens.

Menurut Rio, Kapten Philip sampai saat ini masih hidup. Namun demikian, kondisi sang pilot tersebut sedang menurun alias sakit.

Rio mengakui mendapat informasi yang menyatakan bahwa kondisi kesehatan sang pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut sedang kurang baik.

"Saya pastikan pilot masih hidup, tapi ada informasi juga bahwa dia saat ini sedang sakit," kata Rio di Nduga, Rabu (22/3/2023).

Baca Juga: Detik-Detik KKB Bunuh Tukang Ojek, Korban Ditembak dari Belakang saat Tunggu Pelaku Bayar Ongkos

Rio menyebut informasi mengenai kondisi Kapten Philip sedang sakit belum bisa dipastikan. Namun demikian, dengan melihat banyak faktor, seperti makanan, stamina, dan cuaca, hal itu bisa saja membuat Philip sakit.

Terlebih, kata Rio, daya jelajah KKB pimpinan Egianus Kogoya sangat tinggi. Tidak jarang mereka harus melintasi daerah dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (MDPL).

"Itu yang kami sangat kami khawatirkan kalau kondisi kesehatan pilot menurun, karena keluarganya menyampaikan pilot punya riwayat asma. Apa lagi kalau dia dibawa ke pegunungan yang oksigennya sangat tipis," tutur Rio.

Baca Juga: Isi Surat KKB yang Dititipkan ke Pilot Susi Air, Ditujukan untuk PBB hingga Jokowi

Rio mengklaim proses pencarian pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens di Papua masih terus dilakukan. Selain itu, pihaknya juga terus bernegosiasi untuk bisa memulangkan sang pilot dari tangan KKB pimpinan Egianus Kogoya tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x