Kompas TV nasional sosial

Magang di LSF Mahasiswa SCDC Komunikasi UMM dapat Tugas Analisis dan Optimalisasi Medsos

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 03:05 WIB
magang-di-lsf-mahasiswa-scdc-komunikasi-umm-dapat-tugas-analisis-dan-optimalisasi-medsos
Sebanyak 10 mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat kesempatan magang di Lembaga Sensor Film (LSF) di Jakarta. (Sumber: Dok. Fakultas Komunikasi UMM)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 10 mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat kesempatan magang di Lembaga Sensor Film (LSF) di Jakarta. 

Mereka yang masuk sebagai peserta kelas Social Media for Branding, Center of Excellent (CoE) School of Creative Digital Communication (SCDC).

Penyerahan mahasiswa dilakukan Kaprodi Nasrullah dan diterima Ketua LSF Rommy Fibri di Gedung F kantor Kemendikbud Ristek, Selasa (7/03/2023). 

Didampingi dua anggota LSF, Mukayat Alamin dan Joseph Samuel Krishna, Rommy menyambut hangat 10 mahasiswa UMM ini.

Baca Juga: Atap Gedung Lembaga Sensor Film Roboh, 1 Mobil Tertimpa Puing

Rommy menjelaskan LSF sangat terbuka bagi anak muda untuk terlibat menyampaikan komunikasi kepada publik luas. Terutama mengenai sensor dalam industri film.

Salah satu contoh yakni film kartun diblur, atau adegan tertentu dipotong secara jumping. Hal tersebut bukan dilakukan oleh LSF melainkan oleh pihak pembuat film. LSF hanya memberi catatan dan sertifikat lulus sensor.

Rommy menyatakan sensor sekarang tidak seperti zaman dulu. Sebelumnya sensor dilakukan dengan main potong film. 

Namun seiring perkembangan sensor lebih mengutamakan diskusi dan kesepakatan antara pihaknya dengan industri film.

Baca Juga: Hindari Sensor Online, Warga China yang Frustrasi Kritik Pemerintah Pakai Bahasa Ini

"Masyarakat harus dilindungi dari tontonan berbahaya dan merugikan, tetapi industri juga kita beri kesempatan untuk berargumentasi atas karyanya," ujar Rommy.

Lantas bagaimana bagian yang tidak lulus sensor, Rommy menjelaskan semua bagian tersebut akan dikembalikan kepada pembuat film.

Selain mengetahui penyensoran di LSF, mahasiswa yang mengikuti program magang juga didorong untuk analisis media sosial dan membuat konten atau content creation.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.