Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketua MPP PPP Romi: KIB Harus Realistis, Stok Capres Hanya Ganjar, Prabowo dan Anies

Kompas.tv - 7 Maret 2023, 14:30 WIB
ketua-mpp-ppp-romi-kib-harus-realistis-stok-capres-hanya-ganjar-prabowo-dan-anies
Ketua Majelis Pertimbangan DPP PPP Muhammad Romahurmuziy alias Romi di Kantor DPP PPP, Jakarta, Kamis (5/1/2023) saat menghadiri acara peringatan hari lahir (harlah) ke-50 PPP. (Sumber: KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengingatkan agar partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk lebih realistis dalam mengusung sosok capres di Pilpres 2024 mendatang. 

Diketahui, KIB itu merupakan gabungan parpol dari PPP, Golkar dan PAN. 

Baca Juga: Romahurmuziy: KIB Belum Final, PDIP Ajak PPP untuk Koalisi di Pilpres 2024

Pria yang akrab disapa Romi itu menyebut, hingga saat ini sosok yang memiliki potensi untuk menjadi capres di pesta demokrasi hanya ada tiga nama, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  

"Jangan digiring (KIB) 'berpotensi bubar'. Realitasnya, Ganjar kader PDIP, Prabowo kader Gerindra, dan Anies non partai. Saat ini tidak tersedia stok bakal capres lagi yang elektabilitasnya cukup tinggi menurut survei, yang bisa dicalonkan KIB," kata Romi, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (7/3/2023).

Romi menepis dirinya menyebut KIB bisa pecah atau bubar akibat gamangnya capres-cawapres pilihan KIB. 

Ia mengatakan, dalam menyongsong pesta demokrasi, KIB mesti membangun komunikasi dengan parpol lainnya. 

"Maka kita-kita harus realistis untuk berbicara dengan partai-partai asal bakal-bakal capres di atas," katanya. 

Ia mengakui kalau KIB sudah memenuhi syarat presidential threshold 20 persen untuk menjadi modal mengusung capres-cawapres. 

Tetapi, hingga saat ini, KIB tak kunjung menetapkan capres-cawapres pilihan mereka. 

Ia menyinggung salah satu anggota KIB, yakni PAN yang terlihat malah menggaungkan nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir, tapi tidak dibahas di KIB. 

"PAN di Rakernas sudah sebut Ganjar-Erick. Di PPP untuk capres belum diputuskan, dan untuk cawapres masih ada nama Erick dan Sandi. Di Partai Golkar malah belum ada nama. Bisa saja KIB nanti berbeda aspirasi ujungnya soal capres dan cawapres," kata Romi.

Dia mengkhawatirkan partai di KIB tidak mencapai titik temu soal keputusan capres-cawapres. 

Baca Juga: Tanggapan PDIP, Tentang PAN dukung Ganjar dan Erick Thohir Sebagai Capres dan Cawapres

"Makanya saat ini partai-partai KIB juga membuka komunikasi dengan parpol-parpol lain. Pekan lalu Partai Golkar sudah jumpa Nasdem," katanya.

"Makanya PPP juga jumpai PDIP. Ke depan akan ada komunikasi-komunikasi lebih intens satu sama lain antar parpol," imbuhnya menegaskan.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x