Kompas TV nasional viral

Viral Prediksi Gempa Bumi Besar di Indonesia, BMKG: Yang Tepat Akurat Belum Ada

Kompas.tv - 3 Maret 2023, 20:12 WIB
viral-prediksi-gempa-bumi-besar-di-indonesia-bmkg-yang-tepat-akurat-belum-ada
Ilustrasi. Usai viral potongan video yang berisi tentang prediksi gempa bumi besar di Indonesia, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono pun buka suara, Jumat (3/3/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai viral potongan video yang berisi tentang prediksi gempa bumi besar di Indonesia, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono pun buka suara.

"Teori atau konsep prediksi sangat banyak tapi yang valid konsisten, tepat akurat belum ada," kata Daryono, Jumat (3/3/2023), dilansir dari Kompas.com.

Sebagai seorang seismolog atau ahli gempa bumi, ia mengaku tak mudah percaya dengan prediksi gempa. Sebab, menurut dia, semua landasan berpikir harus berdasarkan konsep yang jelas.

"Saya seismologist, semua landasan berpikir berdasarkan konsep empirik yang jelas, saya tidak termasuk yang mudah percaya prediksi gempa," ungkapnya. 

Ia mengaku menerima informasi tentang prediksi gempa bumi yang viral di media sosial tersebut sebagai peringatan agar masyarakat waspada. Akan tetapi, ia masih tak mempercayai konsep atau teori prediksi tersebut.

"Tapi okelah, ini kita terima sebagai pesan kesiagaan, sah-sah saja. Tapi dalam konteks konsep atau teori saya skeptis," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Traumatis Anak Korban Gempa Turki dan Suriah, Banyak yang Alami Gangguan Mental

Ia menegaskan, BMKG sebenarnya telah memiliki alat monitoring untuk memprediksi gempa bumi. 

Akan tetapi, penelitian yang dilakukan dengan memonitor geomagnet, radon, kajian Vp/Vs, dan total electron content tersebut masih perlu pendalaman, karena masih dalam tahap kajian.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x