Kompas TV nasional hukum

Kemenkeu: Rafael Alun Klaim Rubicon, Harley Davidson hingga BMW Bukan Miliknya

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 18:39 WIB
kemenkeu-rafael-alun-klaim-rubicon-harley-davidson-hingga-bmw-bukan-miliknya
Pejabat Eselon III Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II Rafael Alun Trisambodo. (Sumber: Tangkap Layar via Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penjelasan terkait hasil pemeriksaan Rafael Alun Trisambodo (RAT) terkait harta kekayaannya.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan untuk harta yang terekspos di media sosial namun tidak dilaporkan, mulai dari mobil Rubicon, motor Harley Davidson, hingga motor BMW.

Berdasarkan pengakuan Rafael, kendaraan-kendaraan tersebut bukan miliknya.

"Terkait harta kekayaan yang bersangkutan yang muncul di media sosial, mobil Rubicon, mobil Land Cruiser, motor Harley Davidson, motor Yamaha, dan motor BMW berwarna putih, diakui saudara RAT bukan milikya, namun merupakan milik pihak lain," kata Suahasil dalam konferensi pers, Rabu (1/3/2023).

Khusus untuk Rubicon, kata dia, milik kakak Rafael. Sementara kendaraan yang lain ada yang menjadi kepemilikan anak dan juga menantu Rafael.

"Rubicon itu diakui milik kakaknya sementara yang lainnya diakui milik dari anak menantunya," jelasnya.

Untuk tindak lanjut klaim Rafael tersebut, Suahasil menyebut tim pemeriksa Inspektorat Jenderal Kemenkeu telah meminta yang bersangkutan untuk menunjukkan bukti kepemilikan.

"Ini agar dapat dipastikan pemilik dan status kendaraan bermotor tersebut," jelasnya.

Di sisi lain, dia menyebut, Inspektorat Jenderal Kemenkeu dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan mendalami lebih lanjut soal harta yang sudah dan belum dilaporkan Rafael.

"Tim Inspektorat Jenderal Kemenkeu bersama KPK juga sedang mendalami lebih lanjut atas harta yang dilaporkan Rafel di LHKPN, dugaan kepemilikan harta yang belum dilaporkan, kecocokan profil yang bersangkutan dengan SPT pajak yang disampaikan," jelasnya.

Baca Juga: Kementerian Keuangan Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun Trisambodo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x