Kompas TV nasional agama

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan Bagikan 4.000 Takjil per Hari, Menag: Pihak UEA yang Nanggung

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 16:26 WIB
masjid-raya-sheikh-zayed-solo-akan-bagikan-4-000-takjil-per-hari-menag-pihak-uea-yang-nanggung
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari akan diresmikan hari ini, Senin (14/11/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan membagikan 4.000 takjil per hari selama Ramadan 2023 mendatang.

Ribuan takjil itu disediakan dengan pendanaan yang ditanggung oleh pihak Uni Emirat Arab (UEA). Diketahui, Masjid Sheikh Zayed Solo ini merupakan hibah atau hadiah dari Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

"Kita akan memberikan takjil, iftar untuk umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Insya Allah per hari ada 4.000, tadi disampaikan oleh pihak Emirates. Mereka akan menanggung semua pengeluarannya," kata Yaqut, Rabu (1/3/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Aturan Berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed, Gibran: Enggak Boleh Bawa Makanan dan Renang di Kolam

Masjid bernuansa putih di Solo ini telah diresmikan pada 14 November 2022 lalu oleh Presiden Joko Widodo dan MBZ. Per Selasa (28/2), Masjid Sheikh Zayed Solo ini sudah dibuka untuk umum.

Yaqut mengatakan, masjid ini masih terus disempurnakan. Pasalnya, ada beberapa bagian area masjid yang belum selesai dan masih perlu sentuhan akhir.

“Masih ada beberapa pekerjaan finishing yang harus diselesaikan agar ini sempurna dan segera diserahkan ke pihak Uni Emirat Arab untuk kemudian diserahkan ke Kementerian Agama untuk pengelolaannya,” ujar Yaqut.

Dia berharap, kehadiran Masjid Sheikh Zayed dapat menambah semangat umat Islam dalam menjalankan ibadah, merawat ukhuwah Islamiyah, serta keberagaman yang moderat dan toleran.

Baca Juga: Masjid Sheikh Zayed Dibuka, Ini Rute Shuttle Bus ke Lokasi dan Harga Tiketnya

Sebagai informasi, masjid ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang ada di Abu Dhabi, UEA. Tak heran, desain rancangan masjid tersebut kental dengan gaya Timur Tengah.

Masjid Sheikh Zayed yang memiliki luas 8.000 meter itu memiliki berbagai fasilitas, seperti perpustakaan dengan luas 20 meter persegi, ruang VIP (Very Important Person), ruang pengelola, taman, hingga basement untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x