Kompas TV nasional rumah pemilu

Ketum PAN Berpantun Sebut Nama Ganjar dan Erick, Politikus Golkar: Kami Saling Menghormati

Kompas.tv - 27 Februari 2023, 15:53 WIB
ketum-pan-berpantun-sebut-nama-ganjar-dan-erick-politikus-golkar-kami-saling-menghormati
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ditemui pasca menutup rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). (Sumber: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV  – Partai Golkar menghormati sikap atau kebijakan politik yang diambil oleh dua parpol rekan koalisinya di Koalisi Indonesia Bersatu, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Penjelasan itu disampaikan oleh Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono saat dimintai tanggapan tentang wacana duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir untuk meju di Pilpres 2024.

Menurut Dave, pihaknya menghormati sikap atau kebijakan politik yang diambil oleh rekan koalisinya, namun, langkah politik ke depan harus diputuskan melalui musyawarah bersama.

"Kami saling menghormati sikap-sikap dan kebijakan politik masing-masing,” tuturnya, Senin (27/2/2023) dikutip Tribunnews.com.

“Dan juga telah sepakat bahwa hal-hal yang berkaitan dengan arah koalisi ke depan akan diputuskan dan disampaikan secara bersama-sama kepada masyarakat umum, pada waktu yang tepat.”

Baca Juga: Ganjar Hingga Erick Hadir Besama Jokowi di Rakernas PAN, Zulhas Berpantun di Penutup Pidato

Menurutnya, ketiga parpol dalam KIB memiliki pemahaman dan ideologi yang tidak jauh beda, yakni, melanjutkan pembangunan yang telah dirintis Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Golkar, PPP dan PAN adalah 3 entitas politik yang memiliki pemahaman dan ideologi kebangsaan yang serupa.”

“Kami telah bergabung menjadi 1 dalam sebuah koalisi untuk melanjutkan pembangungan bangsa hari ini yang telah dirintis oleh Presiden Jokowi," tuturnya.

Sebelumnya, dalam sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PAN di Semarang, Jawa Tengah, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membacakan sebuah pantun yang menyebut nama Ganjar dan Erick..

Dalam pantun itu, Zulhas, sapaan akrabnya menyebut bila Ganjar dan Erick bersama, Indonesia akan bertambah jaya.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insyaallah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas di Semarang, Minggu (26/2/2023).

Mennggapi pantun itu, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, menyatakan pihaknya menyambut positif.

"Sebagai mitra koalisi di KIB, tentu PPP menghormati dan menyambut positif apa yang berkembang di Rakornas PAN untuk mengusulkan paslon GP (Ganjar Pranowo) & ET (Erick Thohir) sebagai bacapres dan bacawapres,” kata Arsul, Senin.

“Paslon ini nantinya bisa dibawa ke forum musyawarah KIB bersama PG (Partai Golkar) dan PPP," ujar Arsul saat dikonfirmasi, Senin (27/2/2023).

Menurut Arsul nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir memang menjadi nama yang populer di internal kadernya, bahkan, kedua nama itu kerap disuarakan kader di daerah.

"Nama GP dan ET sendiri adalah nama-nama yang juga populer sebagai sosok-sosok potensial yang oleh jajaran PPP di berbagai daerah disuarakan sebagai bacapres dan bacawapres," ungkap Arsul.

Meski demikian, ia menyebut bahwa nama itu belum bisa diputuskan karena belum dibawa ke dalam Mukernas PPP.

"PPP memang belum mengadakan forum musyawarah kerja nasional (Mukernas) yang akan memfinalkan paslon yang akan dibawa ke KIB. Yang jelas PPP mengucapkan selamat Rakornas kepada PAN," tukasnya.




Sumber : tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x