Kompas TV nasional sosial

Dimulai Hari Ini, Sejumlah Menteri Dijadwalkan Hadiri Rakernas IKA UNDIP di Jakarta

Kompas.tv - 25 Februari 2023, 09:56 WIB
dimulai-hari-ini-sejumlah-menteri-dijadwalkan-hadiri-rakernas-ika-undip-di-jakarta
Abdul Kadir Karding. Sejumlah menteri dijadwalkan menghadiri rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (Rakernas IKA Undip) di Hotel Aryaduta, Jakarta, 25-26 Februari 2023. (Sumber: KOMPAS.com/Haryantipuspasari)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah menteri dijadwalkan menghadiri rapat Kerja Nasional Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (Rakernas IKA Undip) di Hotel Aryaduta, Jakarta yang akan dimulai hari ini Sabtu (25/2/2023) hingga esok Minggu (26/2).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ika Undip periode 2022-2027 Abdul Kadir Karding, mengatakan, rakernas yang akan dilaksanakan selama dua hari juga akan mendiskusikan sejumlah isu strategis yang melibatkan para menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Beberapa menteri tersebut di antaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Suharso Manoarfa, yang rencananya membahas arah kebijakan perencanaan nasional mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Selanjutnya, Menteri BUMN Erick Thohir, akan  membahas upaya BUMN dalam mewujudkan ekosistem usaha yang inklusif dan berdaya saing.

Baca Juga: IKA Undip Ingatkan untuk Hindari Politik Identitas Jelang Pemilu 2024 dan Dorong Percepatan IKN

Kemudian, Menteri Koperasi dan UMKM Tenten Masduki, akan membahas skema pendanaan dan tata kelola pemberdayaan pelaku usaha kecil.

Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono akan membahas tentang tantangan dan peluang ekonomi biru di sektor perikanan dan kelautan Indonesia.

Menteri ESDM Arifin Tasrif akan membahas peluang energi terbarukan di dalam memperkuat ekonomi rakyat. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan membahas tentang businees matching produk riset universitas yang berorientasi pada penguatan hilirisasi industri.

Kadrding juga menuturkan, rakernas dengan tema “Memperkuat Sinergitas dan Kolaborasi untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045” ini juga akan menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara Ika Undip, pemerintah, dunia usaha dan industri, dan civitas akademika Undip.

“Dalam konteks Indonesia Emas 2045 Ika Undip dan para alumninya siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pihak di dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, teknologi, dan sosial budaya,” kata Karding, Sabtu (25/2), melalui keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.TV.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x