Kompas TV nasional agama

Resmi Ditutup, Canda Abdul Mu'ti Dulu Muktamar Pemuda Muhammadiyah Mirip Piala Dunia: Sekarang Damai

Kompas.tv - 24 Februari 2023, 06:22 WIB
resmi-ditutup-canda-abdul-mu-ti-dulu-muktamar-pemuda-muhammadiyah-mirip-piala-dunia-sekarang-damai
Ketua Tim Formatur Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Machendra Setyo Atmaja (kanan) mengumumkan hasil rapat tim formatur Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Dzulfikar Ahmad Tawalla (dua dari kanan) terpilih menjadi Ketua PP Pemuda Muhammadiyah yang baru pengganti Sunanto. (Sumber: Dokumentasi Pemuda Muhammadiyah)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah resmi ditutup pada Kamis (23/2/2023) malam dan Dzulfikar Ahmad Tawalla ditetapkan sebagai Ketua Umum periode 2022-2026 menggantikan Sunanto atau Cak Nanto.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti  dalam pidato penutupan berharap, Pemuda Muhammadiyah harus menjadi bagian penting dari dinamika kebangsaan, baik nasional dan internasional. 

”Karena itu, maka semangat muktamar ini haruslah menjadi komitmen kita bersama bahwa ke depan Pemuda Muhammadiyah harus melahirkan lebih banyak lagi negarawan-negarawan yang bisa mentransformasikan Islam yang berkemajuan menuju Indonesia yang berkemajuan pula," kata Mu’ti dilansir kompas.id.

Baca Juga: Sosok Dzulfikar Ahmad Tawalla, Ketum Baru Pemuda Muhammadiyah 2023-2027 Gantikan Cak Nanto

Di hadapan para kader Pemuda Muhammadiyah, Mu’ti menyampaikan apresiasi lantaran muktamar kali ini berjalan lancar dan damai.

”Terus terang saja, PP Muhammadiyah ini memberikan perhatian khusus pada Muktamar Pemuda Muhammadiyah ini karena sebelum-sebelumnya muktamar selalu mirip dengan piala dunia," kata Abdul Mu'ti.

"Tapi, alhamdulillah, muktamar yang sekarang berjalan lancar dan damai,” tutur dia.

Guru Besar Ilmu Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga menyebut, para aktivis Pemuda Muhammadiyah boleh aktif di mana saja, termasuk di politik, tapi harus tetap membawa nilai-nilai kebaikan.

"Pilihan-pilihan menjadi negarawan itu merupakan pilihan yang terhormat," jelasnya. 

"Maka, kita harus istikomah dengan pilihan kita untuk membawa nilai-nilai Pemuda Muhammadiyah di mana pun berada,” tambah Mu'ti.

Baca Juga: Sambutan Perdana Dzulfikar Ahmad Tawalla usai Jadi Ketum PP Pemuda Muhammadiyah 2023-2027

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Dzulfikar Ahmad Tawalla resmi menggantikan ketum sebelumnya, yaitu Sunanto atau lebih dikenal dengan Cak Nanto. 

Dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang digelar pada Rabu (22/2) malam lalu sampai Kamis dinihari kemarin, Dzulfikar resmi ditetapkan sebagai ketum oleh 13 tim formatur.

Ke-13 tim formatur ini merupakan tokoh-tokoh Pemuda Muhammadiyah yang terpilih dari 1.184 peserta Muktamar Pemuda Muhammadiyah. 

Dzulfikar ditetapkan dalam proses musyawarah tim formatur usai dua pemilik suara tertinggi dalam tim formatur, yakni Machendra Setyo Atmaja dan Dedi Irawan pilih mundur. 

Selain Dzulfikar, 13 tim formatur itu juga resmi menunjuk Najih Prasetyo, kader Pemuda Muhammadiyah asal Lamongan, terpilih untuk menjadi Sekjen Pemuda Muhammadiyah..


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x