Kompas TV nasional sosok

Sosok Dzulfikar Ahmad Tawalla, Ketum Baru Pemuda Muhammadiyah 2023-2027 Gantikan Cak Nanto

Kompas.tv - 23 Februari 2023, 10:47 WIB
sosok-dzulfikar-ahmad-tawalla-ketum-baru-pemuda-muhammadiyah-2023-2027-gantikan-cak-nanto
Dzulfikar Ahmad Tawalla, Ketum baru Pemuda Muhammadiyah saat bersama Cak Nanto yang demisioner (Sumber: Instagram Dzulfikar Ahmad Tawalla)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dzulfikar Ahmad Tawalla resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah masa bakti 2023-2027. Ia menjadi ketum dalam Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023) subuh Wita.

Dzulfikar Ahmad Tawalla resmi menggantikan ketum sebelumnya, yaitu Sunanto atau lebih dikenal dengan Cak Nanto. 

Dilansir PWMU, dalam Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang digelar pada Rabu (22/2/2023) malam sampai Kamis dinihari, Dzulfikar resmi ditetapkan sebagai ketum oleh 13 tim formatur.

13 tim formatur ini merupakan tokoh-tokoh Pemuda Muhammadiyah yang terpilih dari 1.184 peserta Muktamar Pemuda Muhammadiyah. 

Ia ditetapkan dalam proses musyawarah tim formatur usai dua pemilik suara tertinggi dalam tim formatur, yakni Machendra Setyo Atmaja dan Dedi Irawan pilih mundur. 

Selain Dzulfikar, 13 tim formatur itu juga resmi menunjuk Najih Prasetyo, kader Pemuda Muhammadiyah asal Lamongan, terpilih untuk menjadi Sekjen Pemuda Muhammadiyah.

Uniknya, ia menggantikan posisi Dzulfikar Ahmad Tawalla yang sebelumnya menjabat Sekjen. 

Baca Juga: Alasan PP Pemuda Muhammadiyah Tolak Wacana Jokowi 3 Periode: Jadilah Bapak Bangsa

Profil Dzulfikar Ahmad Tawalla

Dzulfikar Ahmad Tawallar dikenal sebagai sebagai aktivis Muhammadiyah. Posisinya sebelumnya adalah Sekjen di era Cak Nanto yang habis masa kepengurusan. 

Lama berkecimpung di organisasi Muhamammadiyah, pria asal Sulawesi Selatan itu dulunya sempat menjadi Sekretaris Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) 2010-2012, sayap organisasi Muhammadiyah. 

Selain itu, ia juga dikenal sebagai seorang pengusaha.


 

Selain dikenal sebagai pengusaha dan aktivis Muhammadiyah, Dzulfikar adalah seorang putra dari ulama kharismatik asal Gowa KH Ahmad Tawalla yang juga aktif di Muhammadiyah.



Sumber : Kompas TV/PWMU


BERITA LAINNYA



Close Ads x