Kompas TV nasional peristiwa

Mundur sebagai Menpora, Zainudin Amali Mengaku Sudah Dapat Izin Presiden Jokowi

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 19:46 WIB
mundur-sebagai-menpora-zainudin-amali-mengaku-sudah-dapat-izin-presiden-jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Zainudin Amali telah menyatakan mundur dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) secara informal. (Sumber: Kompas.com/Dian Erika)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo telah menerima informasi terkait rencana Zainudin Amali untuk mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Menpora Zainudin juga menjelaskan secara langsung, dirinya sudah meminta izin mundur dari jabatan menteri untuk fokus mengurus sepak bola dan PSSI.

Zainudin mengaku, izin mundur dari jabatan menteri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI telah dikeluarkan oleh Presiden Jokowi. 

"Beliau menyampaikan kepada saya, saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (22/2/2023).

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Sebut Zainudin Amali Secara Informal Sudah Mundur dari Menpora

Zainudin terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar pada Kamis (16/2/2023) lalu. 

Selain Zainudin, KLB juga memilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI, eks Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, serta 12 anggota Komite Eksekutif.

Terpisah, Presiden Jokowi menjelaskan, Menpora Zainudin telah meminta izin secara informal untuk mundur dari jabatan di Kabinet Indonesia Maju. 

Permohonan pengunduran diri disampaikan langsung saat Zainudin Amali bersama pengurus PSSI yang dipimpin Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023). 

Baca Juga: Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Jokowi Dikabarkan Bakal Lakukan Reshuffle Awal Maret

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," ujar Presiden Jokowi di Jalan Ciliwung, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x