Kompas TV nasional politik

Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Jokowi Dikabarkan Bakal Lakukan Reshuffle Awal Maret

Kompas.tv - 22 Februari 2023, 07:58 WIB
zainudin-amali-mundur-dari-menpora-jokowi-dikabarkan-bakal-lakukan-reshuffle-awal-maret
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keppres tentang cuti bersama 2023 sebanyak delapan hari. (Sumber: Instagram @jokowi)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan bakal melakukan kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada awal Maret 2023 mendatang. 

Hal ini untuk merespons mundurnya Zainudin Amali dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora setelah terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027. 

Baca Juga: Ditanya soal Mundur dari Menpora, Zainudin Amali Tolak Berkomentar

”Jika bulan puasa dimulai pada Rabu atau tanggal 22 Maret mendatang, reshuffle tentu sebelumnya. Ya, kalau hari baik Pak Jokowi, kan, biasanya Rabu Pon. Cek saja tanggal berapa itu saat Rabu Pon,” ungkap seorang staf di lingkungan Istana kepada Kompas yang dikutip dari Kompas.id, Rabu (22/2/2023). 

Berdasarkan pengakuan dari staf tersebut, selain Zainudin Amali, besar kemungkinan akan ada beberapa menteri lain yang akan diganti. Bisa tiga sampai empat menteri. ”Tunggu saja waktunya, semua, kan, bisa dinamis,” ujarnya.


Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui bahwa Zainudin Amali sudah izin untuk mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Namun Jokowi menyebut, Zainudin Amali yang kini menjabat Waketum 1 Persatuan Sepak Bola Nasional (PSSI), belum secara resmi mengirimkan surat soal pengunduran diri tersebut.

"Secara resmi belum, tertulis belum, informal sudah," kata Presiden Jokowi usai memantau normalisasi Ciliwung, Jakarta pada Selasa (21/2/2023).

Maka dari itu, kata Jokowi, karena belum ada surat pengunduran diri secara resmi, penggantinya pun belum ada.

Baca Juga: Jokowi Benarkan Zainudin Amali Mundur dari Menpora: Secara Resmi Belum, Informal Sudah

Nanti kalau sudah resmi, kata Presiden, baru ia akan bicara secara resmi soal status Zainudin Amali.

"Gantinya, kalau sudah ada resminya baru saya bicara," ucap Jokowi.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x