Kompas TV nasional update

Jokowi Targetkan Normalisasi Sungai Ciliwung Tuntas 2024 untuk Kurangi Banjir Jakarta

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 11:24 WIB
jokowi-targetkan-normalisasi-sungai-ciliwung-tuntas-2024-untuk-kurangi-banjir-jakarta
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pidato dalam acara Harlah NU, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar/Nadia Intan)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan normalisasi Sungai Ciliwung tuntas pada akhir tahun 2024 mendatang, Selasa (21/2/2023).

Menurut laporan dari jurnalis Kompas TV Alfa dan Ferizka, normalisasi ini akan dilakukan di sepanjang 17 kilometer wilayah Sungai Ciliwung yang sebelumnya sempat terhenti.

"Kita harapkan, saya berikan target tadi dalam dua tahun. Artinya akhir 2024 yang 17 kilometer itu insyallah selesai. Sehingga normalisasi Sungai Ciliwung betul-betul rampung," kata Jokowi kepada wartawan saat meninjau perkembangan normalisasi Sungai Ciliwung, Selasa (21/2/2023).

Presiden ketujuh Republik Indonesia itu menerangkan, proses normalisasi Sungai Ciliwung sempat terhenti cukup lama karena kendala pembebasan lahan.

Akan tetapi, saat ini pemerintah telah membebaskan lahan di dua wilayah, yakni Rawajati dan Pengadegan.

"Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai karena sudah ada beberapa titik yang sudah dibebaskan, misalnya di Rawajati, segera bisa dimulai konstruksinya," kata Jokowi.

"Besok juga akan mulai pembayaran untuk pembebasan lahan di Pengadegan, sehingga nanti titik-titik yang sudah dibebaskan langsung jalan konstruksinya," ujarnya.

Baca Juga: Kepuasan Publik terhadap Kinerja Jokowi di 4 Bidang Meningkat, Ini Temuan Survei Litbang Kompas

Presiden Jokowi menjelaskan, normalisasi Sungai Ciliwung akan mengurangi banjir, karena luapan air akan tertampung di sejumlah bendungan.

"Ini (normalisasi) akan mengurangi, sangat mengurangi yang namanya banjir. Karena air yang dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi," tuturnya.

Selain Sungai Ciliwung, Jokowi menyebutkan masih ada 12 sungai di DKI Jakarta yang juga memerlukan normalisasi untuk menanggulangi banjir Jakarta.

"Ini baru Ciliwung, masih ada 12 sungai yang ada di DKI Jakarta yang juga itu memerlukan normalisasi," ujarnya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Beres, Heru: Sodetan Ciliwung Secara Teknis Selesai dan Siap Dites

Saat ditanya bagaimana pembangunan rumah pompa dan normalisasi 12 sungai itu ke depannya, Jokowi menjawab bahwa semuanya akan dimulai. Namun, untuk saat ini pemerintah akan fokus mengerjakan normalisasi di Sungai Ciliwung.

"Semuanya dimulai, semuanya dimulai. Tapi kita akan fokus konsentrasi di Ciliwung," ucapnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x