Kompas TV nasional update

Update Pencarian Rafie, UII Kirim Surat ke Interpol Lacak Keberadaan Dosen yang Hilang di Turkiye

Kompas.tv - 19 Februari 2023, 07:08 WIB
update-pencarian-rafie-uii-kirim-surat-ke-interpol-lacak-keberadaan-dosen-yang-hilang-di-turkiye
Ilustrasi interpol. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirimkan surat ke Interpol untuk melacak keberadaan dosen bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang kontak sejak 12 Februari lalu, Sabtu (18/2/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengirimkan surat ke Interpol untuk melacak keberadaan dosennya bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama yang hilang kontak usai mengikuti seminar di Norwegia, sejak 12 Februari 2023 lalu.

Rektor UII Fathul Wahid menerangkan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Interpol agar menerbitkan Yellow Notice untuk mencari keberadaan dosennya yang akrab disapa Rafie itu.

"Mengirimkan surat kepada Sekretaris NCB-Interpol Indonesia untuk menerbitkan Yellow Notice untuk pencarian orang hilang," jelas Fathul Wahid dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/02/2023), dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, UII juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencari keberadaan Rafie, mulai dari berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul, hingga mengajukan permohonan melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu).

"Yang Kami lakukan adalah meneruskan komunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul yang sudah berkoordinasi dengan otoritas setempat," terang Fathul.

Ia menyampaikan, pihaknya juga mengajukan permohonan perlindungan untuk Rafie melalui Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Dosen UII yang Hilang Kontak di Turkiye Belum Respons Berbagai Pesan Daring dari Kampus dan Keluarga

"Kami juga mengajukan permohonan perlindungan Ahmad Munasir Rafie Pratama melalui Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri RI," ujarnya.

Ia juga telah memastikan, jejak digital Rafie menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah meninggalkan Oslo, Norwegia dan berada di Istanbul, Turki pada 13 Februari 2023.

"Penggalian jejak digital memastikan bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan sudah berada di Istanbul, Turki," tuturnya.

Terdapat aktivitas sign out Google Drive dari gawai Rafie pada 13 Februari pukul 03.57 waktu setempat.

Selain itu, jejek digital Rafie juga menunjukkan adanya sambungan Internet melalui koneksi Virtual Private Network (VPN) yang mengarah ke kampus UII. 

Lokasi aksesnya di sekitar Istanbul, pada sekitar pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x