Kompas TV nasional peristiwa

TNI-Polri Siapkan Tim Evakuasi, Siaga jika Keberadaan Pilot Susi Air Diketahui

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 20:14 WIB
tni-polri-siapkan-tim-evakuasi-siaga-jika-keberadaan-pilot-susi-air-diketahui
Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens (tengah), yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

MIMIKA, KOMPAS.TV - Pencarian terhadap pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih terus dilakukan di wilayah Nduga dan sekitarnya di Papua Pegunungan.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring mengatakan upaya pencarian pilot Susi Air dilakukan dengan mengerahkan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) dan Polri.

“Hari ini, Tim Gabungan TNI-Polri melakukan pencarian menggunakan pesawat TNI AU dan Polri. Untuk mengoptimalkan pencarian, Gabungan TNI-Polri kini bergabung dengan Satgas Damai Cartenz,” ujar Brigjen Sembiring, Rabu (15/2/2023), dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: KKB Sebar Foto dan Video Pilot Susi Air, Satgas Damai Cartenz Gandeng Tokoh Lokal untuk Mediasi

Upaya pencarian juga dilakukan melalui koordinasi dengan para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat, serta pihak pemerintah daerah.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolda Papua, Pangkoopsud III berada di Mimika untuk memimpin dan bergabung bersama-sama dengan para prajurit TNI-Polri untuk melakukan proses pencarian pilot Susi Air.

Tim gabungan juga telah menyiagakan sejumlah personel khusus evakuasi jika keberadaan pilot tersebut diketahui. Dengan demikian, proses evakuasi dapat langsung dilakukan.

"Tim Gabungan TNI-Polri telah menyiapkan tim evakuasi apabila sewaktu-waktu diketahui keberadaan pilot tersebut," jelas dia.

Selain pilot Susi Air, pihaknya juga menangani dan membantu evakuasi warga Distrik Paro yang melakukan eksodus lantaran takut dengan KKB.

Baca Juga: Deretan Kejahatan KKB Egianus Kogoya: Bantai Belasan Pekerja, Bunuh Marinir, hingga Sandera Pilot

Data evakuasi warga yang diperoleh sampai dengan sekarang:

  • Rabu, 8 Februari 2023, evakuasi 15 orang pekerja
  • Jumat, 10 Februari 2023, evakuasi 25 orang warga Paro
  • Sabtu, 11 Februari 2023, evakuasi 33 orang warga Paro
  • Senin, 13 Februari 2023, 167 jiwa.

Sebelumnya, pesawat Susi Air yang terbang dari Mimika menuju Distrik Paro, Nduga, Papua Pegunungan, hilang kontak dan terbakar di landasan bandara, Selasa, 7 Februari 2023. Pesawat tersebut diduga dibakar oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya.

Keberadaan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, sempat tidak diketahui setelah peristiwa pembakaran pesawat. Hingga pihak KKB menyebarkan foto dan video yang menampilkan Philip pada Selasa (14/2/2023) lalu.

Dalam video tersebut, Philip tampak dikawal oleh beberapa anggota KKB yang menyandang senjata api dan panah.

Egianus Kogoya menyatakan pihaknya menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru tersebut. Mereka akan membebaskan pilot Susi Air itu asalkan permintaan mereka dipenuhi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x