Kompas TV nasional rumah pemilu

Waketum Balas Gatot Nurmantyo: Evaluasi Apa? PAN Sehat-sehat Saja

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 13:56 WIB
waketum-balas-gatot-nurmantyo-evaluasi-apa-pan-sehat-sehat-saja
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menaggapi pernyataan Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo yang menilai pendirian Partai Ummat adalah bentuk evaluasi dari PAN (Partai Amanat Nasional). 

Menurut dia, pernyataan Gatot itu amat berlebihan, karena kini situasinya PAN sedang sehat-sehat saja dan tak perlu ada yang dievaluasi. 

Baca Juga: Suara Lantang Gatot Nurmantyo: Partai Ummat adalah Evaluasi Pendirian PAN

"Evaluasi apaan itu ya? PAN saat ini sehat-sehat saja," kata Viva kepada Kompas TV, Kamis (16/2/2023). 

Ia menjelaskan, sejak lahir tahun 1998 sampai sekarang, garis-garis perjuangan PAN tidak pernah berubah.

"Sejak pemilu 1999 sampai sekarang kader PAN  selalu masuk di kabinet pemerintahan yang berarti PAN adalah partai koalisi pemerintah. Setiap periodesasi kepemimpinan di PAN selalu tunduk patuh pada AD/ART dan peraturan partai," ujarnya. 

Ia menyatakan, hingga saat ini tubuh organisasi di PAN tetap kondusif dan dan ada pergelolakan di internal, kecuali saat kongres PAN di Kendari tahun 2020 lalu.

"Tapi karena kader PAN taat azas dan sudah dewasa dalam berpolitik, hasil-hasil kongres juga dapat diterima oleh kader dan pengurus PAN seluruh Indonesia," ujarnya. 

Viva menambahkan, pihaknya akan terus fokus memenangkan gelaran Pemilu 2024 mendatang dengan cara bekerja melayani masyarakat Indonesia.

"Tetap fokus dan serius mempersiapkan mesin organisasi, bakal caleg, perkaderan, penyiapan saksi di setiap TPS, dan melaksanakan program-program kerakyatan melalui kader dan anggota dewannya," ujarnya. 


 

Sebelumnya,  Gatot Nurmantyo, dengan suara lantang menyebut, Partai Ummat adalah bentuk eveluasi dari pendirian Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah eksis dalam jagad perpolitikan Indonesia. 

Alasannya, dua partai tersebut sama-sama didirikan oleh tokoh yang sama, yakni Amien Rais. Sosok yang disebut Gatot Nurmantyo sebagai tokoh sentral umat. 

Hal itu diungkapkan Gatot Nurmantyo di hadapan kader Partai Ummat dalam Rakernas 1 yang digelar hari ini, Rabu (15/2/2023) di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur. 

"Saya berani katakan, partai ummat mengambil spirit dari tokoh nasional. Karena Partai Ummat didirikan tokoh sentral tokoh besar umat Islam indonesia, yaitu Amien Rais," kata Gatot, Rabu, dengan suara lantang. 

Baca Juga: Anies Baswedan Didukung Partai Ummat di Pilpres 2024, Amien Rais Ungkap Alasannya

Lantas, ia menyebut, Partai Ummat adalah bentuk baru dari partai lama PAN. 

"Telah dibuktikan dengan pendirian PAN, partai Ummat adalah evaluasi dari pendirian PAN," jelasnya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x