Kompas TV nasional hukum

Kata Pengacara Usai Kuat Maruf Divonis Hakim 15 Tahun Penjara: Ini Bukan Akhir dari Segalanya

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 13:56 WIB
kata-pengacara-usai-kuat-maruf-divonis-hakim-15-tahun-penjara-ini-bukan-akhir-dari-segalanya
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Kuat Maruf, menyapa pengunjung dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengacara terdakwa Kuat Maruf, Irwan Iriawan, menilai vonis 15 tahun hakim untuk kliennya bukanlah akhir dari perjuangan dalam perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Irwan mengatakan masih ada proses banding dan kasasi untuk memperjuangkan Kuat Maruf bebas dalam kasus tewasnya Brigadir J.

Demikian pengacara terdakwa Kuat Maruf, Irwan Iriawan, dalam keterangannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023).

“Ini bukan akhir dari segalanya, perjuangan kami menempatkan klien kami sebagai orang yang tidak bersalah, masih ada proses banding, proses kasasi dan seterusnya, upaya itu pasti kami lalui,” ucap Irwan Iriawan.

“Jangankan di atas 8 tahun yang akan divoniskan kepada Kuat Maruf, sehari pun kami akan melakukan banding, ketika Kuat ditempatkan sebagai orang yang bertanggungjawab dan dihukum, kami akan melakukan banding.”

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso, mempersilakan terdakwa Kuat Maruf dan penasihat hukumnya maupun penuntut umum untuk mengajukan upaya hukum lebih lanjut atas vonis dibacakan.

Baca Juga: Hakim: Kuat Maruf Lihat Ferdy Sambo Tembak Brigadir J saat Mengerang Kesakitan

“Demikianlah putusan majelis hakim kepada para pihak mempunyai hak untuk mengajukan upaya hukum, menerima atau pikir-pikir,” kata Hakim Wahyu.

Sebagaimana diketahui, Kuat Maruf divonis 15 tahun penjara karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah karena bersama-sama Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi merencanakan pembunuhan Brigadir J.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Kuat Maruf telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana, turut serta melakukan pembunuhan berencana,” ucap Hakim Wahyu Iman Santoso

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Kuat Maruf 15 tahun.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x