Kompas TV nasional rumah pemilu

Partai Ummat Sebut 98 Persen Kader Dukung Anies Baswedan Capres 2024, Prabowo Cuma 1 Persen

Kompas.tv - 14 Februari 2023, 10:57 WIB
partai-ummat-sebut-98-persen-kader-dukung-anies-baswedan-capres-2024-prabowo-cuma-1-persen
Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais di kantor KPU RI, Jumat (12/8/2022). Partainya sebut Anies Baswedan didukung para kader (Sumber: KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Ummat yang didirikan oleh politisi senior Amien Rais mengaku sebagian besar kader partainya ingin Anies Baswedan diusung sebagai capres di Pilpres 2024. 

Menurut Juru Bicara (Jubir) Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya, usulan kader dari seluruh Indonesia, Anies Baswedan tertinggi di antara para calon lain. Bahkan, kata dia, dukungan para kader Partai Ummat untuk Anies Baswedan sampai 98 persen.

Sedangkan sisanya muncul bakal capres lain, yakni Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Namun, angka keduanya kecil. 

"Anies hampir 98 persen lah itu, Prabowo 1 koma sekian persen, sisanya Gatot, jauh, jauh banget. Ada sih nama-nama lain, tapi enggak kita ikutkan," kata Mustofa, Senin (13/2/2023) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Ketum Partai Ummat: Kami adalah Politik Identitas

Alasan Kader Partai Ummat Ingin Anies Baswedan 

Mustofa membeberkan alasan para kader Partai Ummat ingin memilih Anies Baswedan menjadi bakal capres di Pilpres 2024.


 

Menurutnya, berdasarkan hasil kuesioner yang disebar ke kader Partai Ummat, Anies memiliki hubungan emosional dengan umat Islam. 

Hal itu, katanya, terkait pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Baca Juga: Din Syamsuddin dan Amien Rais akan Bertemu dalam Rakernas Partai Ummat

Sementara itu, munculnya nama Prabowo Subianto juga dianggap memiliki hubungan emosional dengan umat Islam saat mengikuti Pilpres 2019.

"Kalau Anies dan Prabowo itu spesial banget," ucapnya. 

"Alasannya karena keduanya memiliki ikatan emosional dengan umat Islam sebagai basisnya Partai Ummat dalam Pemilu 2019 dan Pilkada DKI 2017," ujarnya.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x