Kompas TV nasional politik

Din Syamsuddin dan Amien Rais akan Bertemu dalam Rakernas Partai Ummat

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 12:33 WIB
din-syamsuddin-dan-amien-rais-akan-bertemu-dalam-rakernas-partai-ummat
Salah satu inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Din Syamsuddin. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Ummat menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada Senin (13/2/2023) hingga Rabu (15/2/2023) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. 

Dalam agenda Rakernas itu rencananya  Muhammad Sirajuddin Syamsuddin atau Din Syamsuddin akan bertemu dengan Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais.  Din Syamsuddin merupakan salah satu pendiri  Partai Pelita.

Baca Juga: Anies dan Gatot Nurmantyo Akan Hadiri Rakernas Partai Ummat Besutan Amien Rais

"Hadirnya Din Syamsuddin akan menarik karena ini pertama kalinya Amien Rais dan Din Syamsuddin bertemu dalam forum besar Rakernas Partai Ummat. Sebelumnya, Din mengundang ke Rakernas Partai Pelita beberapa waktu sebelum pengumuman hasil verifikasi administrasi KPU," kata Juru Bicara (Jubir) Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (13/2/2023). 

Ia menjelaskan, pertemuan Din Syamsuddin dan Amien Rais menarik karena kini giliran Amien yang mengundang Din datang, setelah sebelumnya Partai Ummat diundang datang ke Rakernas Partai Pelita.

Selain itu, keduanya juga merupakan mantan Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. 

Amien pernah menjadi Ketum PP Muhammadiyah pada 1995-1998, sedangkan Din Syamsuddin menjabat pada 2005-2015. 


 

"Karena dulu, Pak Din juga mengundang Partai Ummat ke Rakernas Partai Pelita. Juga, Pak Din dan Pak Amien adalah sama-sama mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah," kata Mustofa. 

Mustofa menambahkan, agenda Rakernas Partai Ummat hari ini adalah mendengarkan pidato dari Amien dan Ketua Umum Ridho Rahmadi. 

Selanjutnya, pada malam hari, Din Syamsuddin akan menyampaikan pandangannya soal Pemilu 2024. 

"Malamnya ada Prof Din Syamsuddin yang akan memberikan pencerahan tentang pentingnya persatuan umat Islam menuju 2024," kata dia. 

Sebelumnya, dalam Rakernas tersebut, partai politik (parpol) besutan Amien Rais itu akan mengundang tiga bakal capres, yakni Anies Baswedan, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan, dari ketiga bakal capres itu yang sudah mengkonfirmasi akan hadir ialah Anies dan Gatot. 

Baca Juga: Ketum PBNU Respons Heboh Partai Ummat Bentangkan Poster di Masjid: Harus Ada Sanksi Jelas

"Insya Allah yang kita undang tiga, nanti ada Pak Anies Baswedan, ada Pak Gatot Nurmantyo, dan juga Pak Prabowo Subianto, dan sudah konfirmasi itu Pak Anies Baswedan, kemudian juga Pak Gatot Nurmantyo," kata Ridho seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (13/2/2023).



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x