Kompas TV nasional sosial

Kemendagri akan Ganti E-KTP dengan KTP Digital, Daftarnya Pakai Aplikasi IKD

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 17:47 WIB
kemendagri-akan-ganti-e-ktp-dengan-ktp-digital-daftarnya-pakai-aplikasi-ikd
Ilustrasi. Kementerian Dalam Negeri akan mengganti KTP elektronik dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengganti KTP elektronik dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital. 

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, perekaman dan pencetakan KTP-el selama ini banyak kendala.

Apalagi sekarang ada pemekaran sebelas kecamatan, 300 desa/kelurahan terutama di daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

"Mengatasi kendala jaringan, ditambah pengadaan peralatan dan blanko itu mahal sekali. Maka Pak Mendagri Tito Karnavian memberikan arahan agar menggunakan pendekatan asimetris, yakni dengan digitalisasi dokumen kependudukan termasuk penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD)," tutur  Zudan di Manado, Sulawesi Utara, Rabu (8/2/2023) malam, dikutip dari laman resmi Kemendagri.

Hal itu sesuai arahan Mendagri Tito agar Ditjen Dukcapil menerapkan kebijakan perekaman data secara digital, untuk mengatasi sejumlah permasalahan KTP-el.

Zudan mengungkapkan, selama ini ada tiga masalah utama KTP elektronik yaitu pengadaan blangko KTP-el yang mengambil porsi cukup besar anggaran Dukcapil, kemudian harus menyediakan printer dengan ribbon, cleaning kit dan film, lalu masalah kendala jaringan internet di daerah.

Baca Juga: NPWP Non-Efektif Tak Perlu Lapor SPT, Ini Penyebab dan Cara Aktifkan Kembali

Kalau ada kendala jaringan, pengiriman hasil perekaman KTP-el tidak sempurna. Walhasil, KTP tidak jadi, karena failed enrollment. Perekaman sidik jari pun gagal karena tidak terkirim ke pusat. 

"Jadi kita tidak lagi menambahkan blangko tetapi kita mendigitalkan pelayanan adminduk. KTP elektronik diganti KTP digital," ujar Zudan. 

Pihaknya menargetkan sebanyak 25 persen dari 277 juta penduduk Indonesia menggunakan KTP digital pada tahun ini. Target ini juga berlaku bagi Dinas Dukcapil di 514 kabupaten/kota di Indonesia. 

"Mari kita bertransformasi ke KTP digital. Target tahun ini, 25 persen atau 50 juta penduduk Indonesia memiliki KTP digital di hapenya," ucapnya. 



Sumber : KOMPAS TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.