Kompas TV nasional peristiwa

Buka ATF 2023, Wapres: Kita Harap Dunia Pariwisata ASEAN Kembali ke Puncak Kejayaan Tahun Ini

Kompas.tv - 3 Februari 2023, 23:11 WIB
buka-atf-2023-wapres-kita-harap-dunia-pariwisata-asean-kembali-ke-puncak-kejayaan-tahun-ini
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap tahun ini dunia pariwisata di ASEAN dapat kembali meraih puncak kejayaannya setelah dilanda pandemi Covid-19 pada 3 tahun terakhir. (Sumber: Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap tahun ini dunia pariwisata di negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN dapat kembali meraih puncak kejayaannya setelah dilanda pandemi Covid-19 selama 3 tahun terakhir.

Hal ini disampaikan Ma'ruf Amin saat membuka ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Jumat (3/2/2023) malam.

"Kita semua memahami bahwa selama 3 tahun terakhir sektor pariwisata sangat terpukul akibat pandemi Covid-19, tapi saya yakin pariwisata mampu bangkit kembali," kata Wapres.

"Pergerakan wisata di wilayah ASEAN kita harapkan bisa kembali ke puncak kejayaan di tahun ini dan di masa yang akan datang."

Dia menyebut saat ini kawasan ASEAN berada di garis paling depan dalam pemulihan sektor pariwisata di negara Asia Pasifik.

Menurut penjelasannya, berdasarkan data badan pariwisata dunia PBB, UNWTO, jumlah kedatangan turis mancanegara di kawasan Asia Pasifik sepanjang Januari-September 2022 tercatat naik 11 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dia pun berharap ASEAN Tourism Forum 2023 dapat menjadi sebuah sarana untuk menghasilkan langkah konkret dalam memajukan sektor pariwisata.

Wapres Maruf Amin saat membuka ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, Jumat malam, (03/02/2023) malam. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

Baca Juga: Kunjungi Bunaken, Jokowi Optimis Sektor Pariwisata di Manado Akan Kembali Ramai

"Saya sangat berharap, ASEAN Tourism Forum 2023 bisa melahirkan aksi nyata. Ditandai adanya kerja sama antar-pemimpin sektor pariwisata di kawasan ASEAN, untuk mempercepat kebangkitan industri pariwisata dan perjalanan di ASEAN, serta merealisasikan Travel Exchange 2023,” tegas Wapres.

Tak hanya ASEAN Tourism Forum 2023, dia menilai penyelenggaraan acara-acara berskala internasional di negara ASEAN juga perlu terus diperbanyak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x