Kompas TV nasional update

Ratusan Kades dari Purworejo akan Aksi di Depan Gedung DPR, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas

Kompas.tv - 17 Januari 2023, 08:34 WIB
ratusan-kades-dari-purworejo-akan-aksi-di-depan-gedung-dpr-polisi-alihkan-arus-lalu-lintas
Ratusan Kades di Kabupaten Purworejo berangkat ke Jakarta untuk aksi damai tuntut Revisi UU Desa, Senin (16/01/2023). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ratusan kepala desa (kades) dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akan melakukan aksi damai di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/1/2023).

Sebanyak 316 kades di Kabupaten Purworejo yang tergabung dalam Paguyuban Kades, Lurah, dan Perangkat Desa se-Purworejo (Polosoro) itu berangkat ke Jakarta pada Senin (16/1) sore menggunakan lima bus dan sepuluh mobil.

"Kegiatan ini adalah solidaritas kami yang membersamai teman-teman Kades se-Indonesia di Senayan. Selagi ke Jakarta, aktivitas (tugas) kades sudah kami delegasikan kepada perangkat desa," kata Ketua Polosoro, Suwarto, Senin (16/1) dilansir dari Tribunnews.

Suwarto menegaskan, para kades itu sudah mendapatkan izin tertulis Bupati Purworejo Agus Bastian melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades).

"Dan kami juga sudah bertemu langsung, beliau pun mendukung. Jadi ini adalah acara resmi," ujarnya.

Baca Juga: Saat Ratusan Kades Purworejo Bakal Gelar Aksi di Jakarta, Tuntut Masa Jabatan dari 6 Jadi 9 Tahun

Polosoro mendesak Revisi Undang-Undang (UU) Desa, terutama terkait masa jabatan kades yang sebelumnya ditetapkan 6 tahun dan maksimal 3 periode, menjadi 9 tahun dengan maksimal 2 periode jabatan.

"Kami menuntut masa jabatan kades menjadi 9 tahun supaya tidak terlalu sering ada pemilihan kepala desa (pilkades). Sebab, pilkades itu dapat menimbulkan gesekan besar di tengah masyarakat dan itu sangat terasa efeknya," kata Ketua Polosoro, Suwarto, Senin (16/1).

Ia berharap, Revisi UU Desa bisa masuk ke dalam daftar Prolegnas 2023, sehingga poin-poin yang mereka ajukan melalui aksi damai kades Purworejo itu dapat ditelaah dengan baik oleh anggota eksekutif dan legislatif.

Sementara itu, Polda Metro Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Ditlantas) melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar gedung DPR/MPR RI dalam rangka pengamanan unjuk rasa.

Baca Juga: Santri Tewas Dipukul Teman di Ponpes Grobogan Jateng, Bercanda yang Berujung Maut

"Diimbau masyarakat yang menuju gedung DPR/MPR RI agar mencari jalan alternatif lain," tulis akun Instagram Ditlantas Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro di Jakarta, Selasa (17/1).

Ditlantas Polda Metro Jaya melaksanakan pengalihan arus lalu lintas mulai pukul 06.00 WIB. Skema pengalihan arus lalu lintas di sekitar Senayan itu sebagai berikut: 

  1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto diarahkan ke Jalan Gerbang Pemuda.
  2. Arus lalu lintas dari arah Slipi menuju Jalan Gerbang Pemuda dialihkan ke arah Semanggi.
  3. Arus lalu lintas dari Tol dalam kota yang akan keluar di "off ramp" Pulo Dua dialihkan ke arah Tomang.
  4. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda yang akan mengarah ke Gedung DPR/MPR harus putar balik di kolong layang Farmasi ke Jalan Gerbang Pemuda kembali.
  5. Arus lalu lintas dari Jalan Pemuda yang akan mengarah ke Jalan Gelora dialihkan ke Jalan Asia Afrika
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur yang akan mengarah Jalan Gelora dialihkan ke Jalan Tentara Pelajar.

 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x