Kompas TV nasional peristiwa

Kapal China Mondar-Mandir di Natuna, KSAL Kerahkan Empat Kapal Perang

Kompas.tv - 16 Januari 2023, 20:42 WIB
kapal-china-mondar-mandir-di-natuna-ksal-kerahkan-empat-kapal-perang
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan tiga atau empat unit Kapal Perang Republik Indonesia untuk menjaga perairan Natuna.

Kata Muhammad Ali, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenai penjagaan Natuna.

Baca Juga: Media Asing Ikut Laporkan Indonesia Kirim Kapal Perang ke Laut Natuna untuk Awasi Kapal China

Ramai diberitakan kapal Penjaga Pantai China terlihat lalu-lalang di perairan Natuna. China mengklaim keseluruhan Laut China Selatan, termasuk zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di utara Kepulauan Natuna, sebagai wilayahnya.

Ali menuturkan, tidak hanya kapal China saja yang berlalu-lalang di Natuna. Ia menyebut terdapat kapal-kapal nelayan dan Penjaga Pantai Vietnam di sana.

Lebih lanjut, Ali menyatakan bahwa pergerakan kapal-kapal tersebut dibolehkan hukum internasional.

"Unsur-unsur kita hanya sebagai preventif. Kita sekarang berkoordinasi dengan unsur-unsur maritim lainnya seperti Bakamla, kemudian KKP; menyiapkan minimal ada tiga atau empat KRI di Natuna," kata Muhammad Ali, Senin (16/1/2023).

Selain sejumlah kapal perang, Muhammad Ali juga mengaku pihaknya akan menambah satu pesawat patroli untuk mengawasi perairan Natuna.

Baca Juga: Hilang di Perairan Natuna, ABK asal Kepri Ditemukan Selamat di Vietnam


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x