Kompas TV nasional news or hoax

HOAKS SALJU TURUN DI MASJIDIL HARAM

Kompas.tv - 10 Januari 2023, 13:32 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Beredar video dengan narasi salju turun di Masjidil Haram tepatnya di sekitar Ka’bah, Arab Saudi pada 1 januari 2023. Isi lengkap narasi setelah diterjemahkan tertulis, “pertama kali dalam sejarah, salju turun di Makkah Al-Mukarramah, Minggu, 1 Januari 2023,”.

Namun setelah dicek kebenaran mengenai informasi tersebut, info yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Pusat meteorologi nasional Arab Saudi, yang merupakan lembaga seperti bmkg memastikan video itu hoaks. Video itu disebut telah mengalami penambahan efek atau editing. Salju memang turun di Arab Saudi, tapi lokasinya di daerah pegunungan tinggi, yang menjadi langganan salju turun pada musim dingin, seperti Jabal Al-Lawz Di Provinsi Tabuk.

Sedangkan di kawasan Makkah, saat ini sedang berlangsung musim hujan. Beberapa kali hujan turun, termasuk di Masjidil Haram. Hujan di Makkah bahkan memicu banjir pada Jumat 23 Desember 2022.

Hingga kini hujan juga masih mengancam kawasan makkah sehingga sejumlah sekolah serta lembaga di Makkah melakukan kegiatan secara remote.

Jadi narasi yang menyatakan telah turun salju di Makkah Arab Saudi tepatnya sekitar Ka’bah  adalah informasi tidak benar atau hoaks.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x