Kompas TV nasional rumah pemilu

AHY soal Kabar Deklarasi Koalisi Bareng NasDem dan PKS di Waktu Dekat: Mohon Doanya Saja

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 19:19 WIB
ahy-soal-kabar-deklarasi-koalisi-bareng-nasdem-dan-pks-di-waktu-dekat-mohon-doanya-saja
Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) soal kabar rencana partainya untuk deklarasi koalisi bersama NasDem dan PKS pada akhir Januari atau Februari 2023. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merespons kabar rencana partainya untuk deklarasi koalisi bersama NasDem dan PKS pada akhir Januari atau Februari 2023.

Terkait hal ini, AHY hanya meminta doa, dan mengaku Demokrat terus berikhtiar terkait rencana koalisi tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikannya seusai menghadiri pertemuan delapan ketua umum partai politik di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

"Insyaallah. Saya hanya mohon doanya saja, kami sekali lagi hanya ingin berikhtiar dan saya berharap sekali, kita semua berharap, selalu ada jalan bagi alternatif, jangan baku atur di negeri kita," kata AHY.

Dia pun mengaku, partainya hingga kini terus menjalin komunikasi secara intensif dengan NasDem dan PKS.

Upaya tersebut dilakukan untuk bisa semakin menemukan persamaan-persamaan baik dalam misi, visi, maupun narasi besar.

"Yang jelas semangat kami sekali lagi adalah perubahan dan perbaikan. Bukan hanya karena kami berada dalam oposisi, tapi ini adalah kehendak rakyat yang juga semakin menggema dari Aceh sampai Papua," tegasnya.

Baca Juga: NasDem Sebut PKS dan Demokrat Bakal Deklarasi Dukung Anies Capres: Di Akhir Januari atau Februari

Untuk diketahui, kabar terkait rencana deklarasi koalisi antara NasDem, Demokrat dan PKS dalam waktu dekat ini disampaikan oleh Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi dan dipertegas kembali oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali.

Gus Choi menyebut Demokrat dan PKS bakal deklarasi dukungan terhadap Anies Baswedan pada akhir Januari atau Februari mendatang.

"Saya mendengar bahwa PKS maupun Demokrat akan mendeklarasikan mendukung Anies sebagai calon presiden mungkin akhir Januari, mungkin Februari, pokoknya kira-kira sekitar 2 bulan 1 bulan inilah," kata Gus Choi, Sabtu (7/1/2023).

Meski demikian, Gus Choi mengatakan, yang memiliki hak dan tahu betul terkait pengusungan Anies Baswedan tersebut adalah Partai Demokrat dan PKS, bukan dirinya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, atas informasi tersebut, partainya optimistis PKS dan Demokrat memunyai keyakinan yang sama untuk mendukung Anies Baswedan maju sebagai Capres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Bahkan, dia menyebut NasDem juga yakin dua partai tersebu tak akan goyah meski ada tawaran dari partai politik (parpol) lain.

Senada dengan Gus Choi, Ahmad Ali menyampaikan, dalam waktu dekat partainya NasDem akan mendeklarasikan koalisi bersama Demokrat dan PKS.

Kendati demikian, ia enggan menyebutkan kapan waktu pasti ketiga partai itu akan mendeklarasikan diri.

"Bisa jadi Januari, bisa jadi Februari tapi yang saya pastikan dalam waktu dekat ini sudah akan deklarasi," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem itu, Minggu (8/1), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Bila ada yang Paksa Kehendak, Nasdem Sebut Deklarasi Koalisi dengan Demokrat - PKS Berpotensi Gagal


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x