Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal Temuan Adanya Tekanan dalam Verifikasi Parpol, Ketua KPU: Tidak Ada Arahan Bantu Partai

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 05:05 WIB
soal-temuan-adanya-tekanan-dalam-verifikasi-parpol-ketua-kpu-tidak-ada-arahan-bantu-partai
Titi Anggraini dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (4/1/2023), menyebut adanya temuan tentang dugaan tekanan yang melibatkan KPU dalam verifikasi faktual parpol. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perludem menyebut adanya temuan tentang dugaan tekanan yang melibatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam verifikasi faktual partai politik.

Hal itu disampaikan oleh Titi Anggraini, anggota Dewan Pembina Perludem, dalam Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (4/1/2023).

“Misalnya yang didapat oleh teman-teman koalisi pengaduan, oleh sejumlah informan, yang didapat oleh masyarakat sipil, itu ada tekanan yang melibatkan KPU secara struktural,” tuturnya.

Temuan seperti itu, lanjut dia, harus dijelaskan oleh Ketua KPU RI, karena keinginan masyarakat bukan hanya pemilu dilaksanakan sesuai jadwal, tetapi juga penyelenggara yang kredibel.

“Itu yang harus dijelaskan oleh Mas Hasyim (Ketua KPU RI),” ucapnya.

Baca Juga: Partai Ummat Sebut Ada Parpol yang Ganggu Proses Verifikasi Faktual KPU, PAN: Tak Masuk Akal

“Bukan hanya kita ingin pemilunya sesuai jadwal, tetapi kita ingin menjaga lembaga ini sebagai lembaga penyelenggara yang kredibilitasnya tidak diragukan.”

Menanggapi hal itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari yang juga menjadi narasumber dalam acara itu, mengatakan, tidak ada arahan dari KPU untuk meloloskan partai politik tertentu.

“Sepanjang yang saya ketahui dan saya lakukan, sebagai Ketua KPU saya tidak ada mengarahkan harus bantu partai ini untuk lolos, partai ini tidak lolos,” tuturnya.

“Karena, situasinya memang sebagaimana yang ada di lapangan.”

Hasyim kemudian mencontohkan hasil verifikasi di salah satu provinsi yang ada parpol dinyatakan tidak memenuhi syarat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x